Sering Tekor Saat Belanja Online? Ada Tips Simpel untuk Mengatasinya!

By | June 29, 2016

online terpercayaAktivitas belanja online menjadi sebuah kegiatan tersendiri untuk mendapatkan apa yang dibutuhkan sekaligus berekreasi. Sebagian orang menikmati acara belanja baik online maupun offline untuk melepaskan stres dan penat. Usai berbelanja beberapa barang biasanya tekanan yang selama ini ditanggung berangsur terasa lebih ringan. Apalagi jika menemukan lebih banyak barang yang sesuai dengan karakter, baik warna, model, bahan, dan sebagainya.

Menikmati Aktivitas Belanja Virtual Tanpa Kebablasan

Wanita menjadi salah satu kalangan yang sering berbelanja secara online, dan sayangnya mereka juga yang sering kebablasan. Belanja berlebihan dan apa yang dibeli ternyata tidak terpakai, padahal kalau uangnya dikumpulkan jumlahnya bisa lumayan. Kadang-kadang bisa dikalkulasikan untuk pergi berlibur ke Bali, Lombok, atau mungkin ke luar negeri. Pengaruh belanja di dunia maya perlu diakui sangat besar dalam menentukan pola belanja Kita pengguna media tersebut.

Menyikapinya perlu pemahaman dan praktek yang seimbang supaya tidak terlalu mengeluarkan dana berlebihan. Berikut kiatnya:

  1. Membuka situs sesuai kebutuhan, pengguna media internet bisa menjelajahi banyak situs hanya dalam hitung detik saja, tanpa perlu keluar banyak tenaga. Tanpa sengaja mata Kita sudah melihat display sebuah toko online dengan produk menarik ditambah tengah ada promo. Supaya tidak kalap dan belanja setiap saat, selalu usahakan membuka situs belanja apabila memang ada barang yang diperlukan dan memang hanya bisa dipenuhi dengan belanja lewat internet.
  1. Bersihkan bookmark dari toko online, merasa gemar dan rutin belanja online kerap membuat Kita memutuskan untuk menyimpan alamat situs toko online di bookmark. Sehingga saat waktu luang bisa mengunjungi toko online tersebut tanpa perlu menghafal alamat situsnya di luar kepala. Namun, membuka jalan pintas masuk ke toko online bukan cara bijak untuk menekan intensitas belanja. Hapus bookmark dari semua toko online langganan, sehingga saat membuka situs pencarian Kita tidak tergoda meng-klik situs toko tersebut.
  1. Berbelanja sebulan atau dua minggu sekali, terlalu sering berbelanja via online dengan nilai transaksi yang terbatas ada dasarnya jauh dari kata hemat, sebab terbebani biaya pengiriman. Semakin sering belanja di toko berbeda Kita menanggung tarif pengiriman satu kilogram padahal produk yang dibeli jauh lebih ringan. Belum lagi jika toko online berada jauh sehingga biaya pengirimannya lumayan mahal. Maka, batasi intensitas belanja atur jadwal misal satu bulan sekali atau minimal dua atau satu minggu sekali. Cara ini akan memangkas biaya selama berbelanja di internet menjadi sangat hemat.
  1. Berbelanja ketika ada promo, belanja hemat secara online bisa saja dilakukan, salah satunya dengan berbelanja di waktu yang tepat, yakni pada saat diadakan promo. Hari-hari tertentu beberapa toko online saling memberikan promo yang cukup menarik. Mulai dari beli 2 gratis 1, gratis atau subsidi untuk biaya pengiriman, sampai potongan harga dengan diskon yang lumayan besar. Jadi, mengapa tidak mengumpulkan uang sebanyak mungkin yang bisa digunakan untuk belanja saat musim promo seperti ini?
  1. Memastikan berbelanja di toko terpercaya, sebagai pembeli virtual Kita perlu berhati-hati dalam memiliki lokasi belanja secara online, sebab dikhawatirkan menjadi korban penipuan. Jika kurang teliti maka uang yang sudah ditransfer ke rekening penjual tidak akan mendatangkan barang yang dipesan. Rugi? Sudah pasti, maka pilih toko online yang memang terpercaya dengan testimoni yang selalu memuaskan. Melindungi diri saat belanja online akan menjadikan transaksi lebih hemat tanpa resiko kena tipu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *