Tips Membedakan Toko Terpercaya dan Toko Online Penipu yang Berbahaya

By | July 22, 2016

online terpercaya

Dunia maya yang luas memberikan Anda pilihan yang banyak untuk mencari toko terpercaya yang diusahakan secara online. Mulai dari online shop untuk berbagai macam produk fashion sampai dengan produk seperti komputer, smartphone, dan bahkan mobil, Anda akan menemukannya dengan mudah di internet. Tentu saja, semua itu juga tersedia dengan satu peringatan: resiko ditanggung Anda sendiri.

Dengan luasnya internet dan anonimitas yang relatif terjaga, tak mengherankan jika semua orang bisa menjadi siapa saja di dalamnya. Seorang penipu bisa tampil bak orang suci ketika berinteraksi di internet, demikian juga dengan membentuk toko online yang ternyata hanyalah kedok baginya untuk merampas uang Anda dengan segala macam tipu muslihat. Ketika Anda lengah sedikit saja, maka dia pun segera menerkam Anda di saat yang tak terduga.

Penipuan semacam ini bisa terjadi di mana saja, bahkan dengan mengatasnamakan toko terpercaya sekalipun. Blog atau situs yang mengaku-aku berafiliasi dengan brand-brand terkemuka menawarkan produk yang harganya lebih murah, pembayaran yang lebih gampang, dan sebagainya. Sekilas, situs-situs tersebut terlihat meyakinkan, apalagi karena Anda mungkin terbuai dengan jaminan dari brand yang sudah mapan tersebut. Tapi kenyataannya tak seindah yang Anda duga.

Jadi waspadalah, dan kenali dulu ciri-ciri dari para penipu yang menggunakan kedok menjadi toko online yang “terpercaya”:

1. Sistem pembayaran yang terbatas

Penipu seperti ini biasanya membatasi sistem pembayaran yang diperbolehkan untuk dipakai, misalnya kredit atau COD (bayar begitu bertemu). Mereka hanya mau transfer lewat bank, tak mau menggunakan sistem dompet online dari pihak ketiga, karena takut ketahuan.

2.

Tidak mengizinkan review di situsnya

Di dalam situs tersebut, Anda tak memiliki pilihan untuk memberikan umpan balik maupun review tentang pelayanan mereka. Anda sendiri juga tak menemukan review tentang toko tersebut, dan jikalau ada, hanya 1-2 saja, dan itu pun bernilai negatif.

3. Aturan yang mencurigakan

Banyak online shop yang memiliki aturan mereka sendiri, meskipun biasanya ini demi kemudahan pelanggan dan mereka. Tapi aturan dari situs penipu ini sangatlah mencurigakan, seperti bisa membatalkan pengiriman, tak ada uang kembali, semua bisa diputuskan secara sepihak, dll.

4.

Harga terlalu murah

Siapa yang tak senang dengan harga murah? Tapi situs penipu seperti ini memberikan harga yang keterlaluan murahnya, jauh di bawah pasar. Hati-hati, ini bisa jadi barang black market.

5. Biaya tambahan yang tersembunyi

Di awal, mereka mengatakan harga yang harus Anda bayar hanya sekian, tapi nyatanya Anda mesti membayar lebih. Biaya ekstra tersebut langsung diberikan begitu saja tanpa adanya pemberitahuan ataupun penjelasan.

 

Selain kelima tanda-tanda mencurigakan di atas, kecurigaan Anda akan semakin lengkap ketika situs tersebut menunjukkan tanda seperti ini:

  • Tidak ada customer service yang melayani pertanyaan Anda.
  • Sulit untuk dihubungi, bahkan dengan nomor kontak yang ada.
  • Jika mengatasnamakan merk tertentu, toko tersebut tak ada di dalam daftar resmi.
  • Deskripsi barang dengan foto yang dipajang tak cocok, itu pun kalau ada foto produk.
  • Kebanyakan informasi produk di situs tersebut ketinggalan zaman/belum di-update.

Mencari toko terpercaya di internet menjadi hal yang sulit karena banyaknya penipuan seperti ini. Jadi, kecuali Anda tahu persis orang di baliknya atau reputasi situs tersebut memang bagus (dan sudah lama berdiri), jangan langsung percaya. Ingatlah, penipu-penipu seperti ini mengincar orang-orang yang lugu dan mudah ditipu, serta tak memiliki pengalaman berbelanja online sebelumnya. Waspadalah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *