Cara Mencari Situs Terpercaya untuk Belanja Online Bagi Pemula

By | July 23, 2016

online terpercayaDi jagad dunia maya yang luasnya tak terbatas, Anda akan menemukan banyak tipe situs di dalamnya. Ada website khusus berita terbaru dari dalam maupun luar negeri, ada pula situs online shop, yang menjadi tempat berbelanja macam-macam barang. Masih ada lagi media sosial dan situs gosip yang menjadi tempat mengasyikkan untuk menghabiskan waktu. Masalahnya, ketika mencari informasi yang benar, mana situs terpercaya yang bisa diandalkan?

Topik tentang situs yang bisa dipercaya ini sangatlah luas jika dibahas, jadi mari lihat dari satu aspek internet yang sekarang ini sedang marak, yaitu online shopping. Dalam dunia bisnis dan belanja online, kepercayaan memegang peranan penting agar usaha bisa berjalan. Pemilik memerlukan pembeli yang jujur untuk membayar pesanannya, dan pembeli memerlukan online shop yang bisa dipercaya untuk menyediakan barang/jasa yang diminta.

Satu yang paling dikhawatirkan para calon konsumen online adalah menemukan situs terpercaya yang legal, yang memang merupakan bisnis asli dan bisa dipertanggungjawabkan. Dengan banyaknya kisah tentang penipuan yang terjadi di saat belanja online, maka kekhawatiran tersebut memang bisa dimaklumi. Anda sendiri juga mungkin saja masih memiliki rasa enggan ketika akan membeli barang secara online karena hal ini.

Tapi seiring dengan berjalannya waktu, belanja online akan terus menjadi tren, dan Anda mau tak mu juga harus menyesuaikan diri. Karena itulah, dari sekarang, sebaiknya Anda belajar dulu tentang mana situs yang bisa dipercaya, dan mana yang tidak. Berikut ini adalah beberapa langkah awal untuk mengidentifikasinya:

1. Situs dari brand yang sudah dikenal

Banyak brand dari barang-barang maupun jasa yang Anda pakai selama ini memiliki situs resmi mereka sendiri. Kebanyakan dari brand tersebut juga melayani transaksi secara online di website tersebut. Karena merupakan situs resmi, maka kredibilitasnya juga bisa dipertanggungjawabkan. Anda yang baru dalam dunia belanja online bisa memulai dari sini.

2. Situs e-commerce besar

Di televisi sekarang ini, Anda juga pasti sudah sering melihat banyak iklan dari situs-situs e-commerce, yang merupakan salah satu bentuk dari online shopping. Kadang kala, mereka juga mensponsori acara seperti olahraga, konser, dll. Situs-situs semacam ini juga relatif aman dan bisa dipercaya.

3. Pengelolaan profesional

Situs yang dikelola secara profesional mudah sekali dilihat. Dari tampilan website yang bagus, kelengkapan profil dan kontak, serta kerapian dari tampilan barang-barang yang dijualnya, semua itu merupakan tanda-tanda bahwa situs tersebut layak untuk dipercaya.

4.

Situs dengan sistem keamanan khusus

Situs yang menggunakan sistem enkripsi untuk mencegah pencurian data, dengan simbol SSL berupa kunci atau gembok di pojok kiri address bar juga merupakan situs yang bisa dipertanggungjawabkan.

Secara umumnya, Anda bisa mencari tahu tentang kredibilitas situs tersebut dari sini:

  • Review dari orang-orang yang pernah menggunakan jasanya, bisa dari blog, forum, atau dari situs itu sendiri.
  • Dari desain situs itu sendiri yang profesional ataupun tidak.
  • Profil dari situs tersebut, yang memperlihatkan track record
  • Mau menjawab ketika Anda mengajukan pertanyaan.
  • Memiliki alamat asli yang bisa dikunjungi.

Hal yang harus Anda ingat ketika mencari situs terpercaya, terutama ketika Anda akan melakukan belanja online, adalah jangan malas untuk berpikir. Ketika Anda melihat ada gelagat yang aneh, harga yang tak sesuai harga pasar, kontak yang tidak jelas, dan banyaknya suara-suara sumbang tentang suatu situs, ini berarti situs tersebut ada masalah, dan Anda lebih baik menghindarinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *