Beberapa Rahasia Sukses Menjalankan Usaha Online

By | July 26, 2016

shutterstock_453022984sTerjun ke dalam dunia usaha online memperkenalkan Kita pada dunia usaha baru yang tentunya membutuhkan perlakuan baru juga. Usaha yang digeluti secara online memungkinkan pemilik usahanya untuk menggaet lebih banyak konsumen. Kemudian jangkauannya pun semakin luas, bahkan tidak menutup kemungkinan melayani worlwide shipping. Sebab sudah mendapatkan konsumen yang berbelanja produknya tinggal di luar negeri. Ini hanya sebagian kecil dari sekian keuntungan berbisnis secara online.

Sukses dengan Usaha Berbasis Online

Meskipun menekuni usaha secara online terdengar selalu mudah dan menawarkan keuntungan menggiurkan dengan pengorbanan terbatas. Pada kenyataannya tidaklah semulus itu, sebagai pelaku usaha diperlukan kiat sendiri supaya usaha satu ini bisa terus berjalan. Berikut kiat yang bisa dicontoh:

1. Menyediakan produk yang berbeda dari lainnya,

Menarik minat konsumen ada banyak macam ragam jurusnya, salah satunya dengan mengemas produk jualan lebih menarik. Pastikan produk yang ditawarkan memiliki nilai unik sehingga berbeda dari produk di tempat usaha lainnya.

Berbeda dari segi produk jualan tidak harus menciptakan sebuah produk baru, Kita bisa memberikan sentuhan beda pada hal sederhana. Misal pada pengemasan, jenis bahan yang ditambahkan, dan perubahan lain ke arah yang lebih baik. ada banyak bidang usaha lewat dunia online, tidak terbatas pada baju dan perabotan rumah tangga. Akan tetapi juga makanan, aksesoris, kerajinan tangan, sampai kepada hasil karya lukisan baik seni umum maupun digital. Olah keahlian yang dimiliki, maka produk yang ditawarkan akan menarik konsumen berdatangan.

2. Selalu menjaga kualitas dan berlaku jujur,

Menjadi pengelola usaha online yang jujur di zaman seperti sekarang memang sulit, sebab lebih takut kehilangan konsumen. Ada banyak penjual yang menyatakan produknya lebih bagus, lebih sedap, dan lain sebagainya. Padahal belum tentu produk tersebut memang dalam kondisi demikian atau bahkan justru dalam kondisi kurang sempurna. Usahakan untuk menjadi pengusaha yang jujur sehingga konsumen yang berbelanja akan kembali lagi.

Prospek usaha baik offline maupun online semakin membaik dengan kembalinya para konsumen lama, sehingga mengakui kualitas produk Kita. Selain jujur dan apa adanya dalam menawarkan produk jualan, Kita pun harus selalu menjaga kualitas. Tempatkanlah diri Kita sebagai konsumen sehingga mampu menyediakan produk yang memuaskan mereka. Dekati konsumen dan tanyakan produk seperti apa yang diharapkan untuk dihadirkan, siapa tahu ke depannya bisa menyediakannya untuk semua konsumen.

3.

Rutin melakukan promosi yang tepat dan beretika,

Maraknya pengguna internet dan didukung oleh semakin banyak perangkat canggih sekaligus aplikasi menarik. Menjadikan setiap pengusaha bidang online memiliki kesempatan besar untuk mengembangkan usahanya dengan lebih mudah. Sayangnya perkembangan yang ada sering dimanfaatkan dengan salah kaprah, terutama berkaitan dengan masalah promosi. Usaha berbasis online juga membutuhkan promosi supaya lebih dikenal dan menjual produknya sesuai target. Namun, yang perlu dicatat adalah promosi yang dilakukan selain tepat juga beretika.

Hindari promosi secara instan dengan merugikan pengguna media internet lain, misal menyebar spam di media sosial. Baik melalui akun usaha pribadi maupun kepada akun lain, dan kini marak pengusaha via online menjadi spam bagi akun selebriti atau yang follower banyak. Promosi secara online juga membutuhkan modal, manfaatkan jasa promosi online dan ikuti tata aturan yang beretika menekuni usaha online. Meski pengaruhnya akan terasa setelah sekian lama setidaknya Kita mengelola usaha dengan benar dan bertanggung jawab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *