Inilah Isi Situs Online Shop yang Dijamin Membuat Pengunjung Jadi Pembeli

By | August 1, 2016

situs online

Kalau Anda hendak berbisnis di internet dan membuka situs online, persiapan matang sangat diperlukan, termasuk juga memastikan bahwa situs yang Anda buat tersebut nyaman dipakai oleh pengunjung untuk membeli barang. Terlalu banyak pengusaha yang mengabaikan tentang masalah kenyamanan ini ketika mereka membuat online shop, sehingga hasilnya pun tak menjadi maksimal.

Ketika calon pembeli berkunjung ke sebuah online shop, dia belum tentu berniat membeli. Lebih tepatnya, dia biasanya berniat untuk melakukan observasi dan membandingkan produk yang Anda jual dengan kompetitor Anda. Namun dengan situs yang efektif, Anda bisa mengubah calon pembeli ini menjadi pembeli yang sebenarnya, dan bahkan bisa menjadi pelanggan.

Tentunya, ini semua membutuhkan desain situs online yang efektif untuk berbelanja. Inilah yang pertama-tama perlu Anda perhatikan:

  • Logo yang jelas

Logo bisnis mempengaruhi keputusan calon pembeli untuk transaksi. Ini karena logo tersebut melambangkan bahwa bisnis Anda tersebut bisa dipercaya dan “legit”.

  • Navigasi yang intuitif

Dengan adanya navigasi yang bagus, pengunjung bisa dengan mudah menemukan laman berisi katalog produk Anda. Selain itu, navigasi yang bagus membantu pengunjung untuk tahu langkah apa yang seharusnya diambil, dengan memberikan tombol “Beli” yang jelas.

  • Sistem pembelian yang mudah

Supaya Anda bisa menjaring pembeli, maka permudah mereka untuk membeli produk Anda. Ketika Anda menyediakan sistem pembelian dengan tombol “Beli” tanpa harus mengisi form yang terlalu panjang, maka Anda sudah berhasil.

  • Memiliki versi mobile

Tahukah Anda bahwa separuh dari pembeli online ternyata berbelanja lewat gadget mereka? Jadi buatlah versi mobile dari website Anda yang simpel dan cepat loading, lengkap dengan sistem pembelian yang mudah.

  • Fitur customer service

Adanya fitur seperti chat dengan customer service akan membuat Anda tampak lebih terpercaya, dan CS yang marah kadang menjadi faktor penting untuk keputusan membeli.

Jadi ketika Anda akan membuat website sendiri, jangan lupakan 5 elemen dasar yang ada di atas. Selain itu, akan lebih baik lagi jika Anda memiliki laman sendiri berupa profil dari bisnis Anda, tentang visi misi, aturan pembelian, dan juga adanya halaman F.A.Q (Frequently Asked Questions) atau laman yang menjawab tentang pertanyaan-pertanyaan dari pengunjung yang sering muncul. Dengan demikian, pengunjung bisa mencari tahu sendiri tentang website Anda.

Kemudian, ada pula beberapa fitur tambahan yang akan membuat pengunjung menjadi betah untuk browsing di situs Anda:

  • Fitur search – adanya fitur untuk mencari barang atau laman di website Anda akan mempermudah pengunjung mencari barang yang mereka inginkan.
  • Wish list dan gift certificate – kedua fitur yang diperuntukkan untuk anggota ini akan mempermudah anggota situs Anda untuk mengorganisir rencana belanja, serta kemudahan dalam memberikan diskon maupun kupon.
  • Review – fitur untuk memberikan review langsung di laman produk akan membuat pengunjung jauh lebih mudah menentukan keputusan membeli, dan meningkatkan kepercayaan mereka pada Anda.
  • Pilihan pembayaran beragam – berikan pilihan untuk sistem pembayaran lebih dari situ, sehingga pengunjung lebih leluasa memilih.
  • Link ke media sosial – memudahkan pengunjung untuk merekomendasikan produk Anda.

Fitur-fitur dari situs online tersebut memang mungkin terkesan sederhana. Tapi efeknya akan sangat besar dalam mempengaruhi pengunjung situs untuk menjadi pembeli, dan bahkan mungkin menjadi pelanggan. Jika pengunjung merasa nyaman browsing dan mendapatkan pengalaman belanja yang menyenangkan, bahkan harga yang agak mahal sekalipun tak menjadi masalah. Jadi, jangan sekali-kali meremehkan desain situs yang efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *