Memilih Situs Belanja Online Harus Hati-hati, Berikut Supaya Tidak Salah Pilih!

By | August 2, 2016

situs belanja online

Teliti dalam melihat dan membedakan mana situs belanja online terpercaya dan yang tidak menjadi bekal penting sebelum bertransaksi. Meski zaman sudah semakin modern dan canggih untuk membuka kesempatan mengais rezeki selapang-lapangnya. Akan tetapi ada saja orang yang memanfaatkan teknologi dengan cara merugikan orang lain sekedar mengambil keuntungan yang jumlahnya tidak seberapa. Kasus penipuan berkedok toko online sering menjadi momok bagi siapa saja untuk menikmati media tersebut.

Tepat dalam Memilih Tempat Belanja Online

Padahal apabila diawali dengan langkah yang tepat, maka dapat dipastikan transaksi online yang dilakukan terbilang aman sekaligus menguntungkan. Ada beberapa kiat untuk tepat dalam memilih situs belanja secara online, diantaranya adalah:

  • Mengecek status alamat situs,

Mengecek dahulu status alamat situs toko online menjadi kiat sederhana yang paling mudah untuk membedakan mana toko terpercaya dan yang sebaliknya. Seperti yang Kita ketahui, untuk membuat atau memiliki situs sendiri bisa memakai layanan gratisan atau harus membayar dahulu.

Toko online dapat dikatakan aman, ketika dibangun dengan situs berbayar sehingga menunjukkan keseriusan dalam membuka sebuah usaha online. Memang akan membutuhkan modal lebih lumayan, namun setidaknya toko online yang dimiliki memang sesuai dengan karakter produk yang dijual. Kecil kemungkinan seseorang mencoba menipu lewat jasa niaga online dengan situs berbayar. Sebab kemajuan internet membuat situs berbahaya bisa segera diketahui publik secara luas. Pihak mereka akan berpikir dua kali sebelum keluar modal untuk situs yang dipakai sementara.

  • Mencari tahu riwayat dari toko online,

Meski terdengar ribet, namun menelisik dahulu semua catatan riwayat situs belanja online ternyata cukup penting. Sebab selama beroperasi toko tersebut sudah tentu akan melayani banyak orang sehingga masing-masing konsumen memberikan testimoni secara subyektif. Keuntungannya adalah dengan melihat riwayat toko online di masa-masa yang telah lewat. Kita bisa memastikan apakah toko online ini memang memberikan pelayanan yang baik, produk yang kualitasnya memuaskan, dan lain sebagainya.

Ada banyak tempat di internet yang bisa menjadi akses untuk mengetahui riwayat toko online yang dimaksud. Bisa memakai fitur di media sosial, situs komunitas terbuka, bahkan berita online yang bisa ditemukan dalam banyak jenis. Selain itu testimoni juga bisa dijumpai di situs toko online itu sendiri, biasanya di kolom komentar. Selain dari itu, bisa jadi testimoni positif merupakan kreasi sendiri sehingga sifatnya tidak sesuai dengan kenyataan atau membodohi pengguna internet lainnya.

  • Mencari tahu berapa lama toko online beroperasi,

Usaha yang bergerak di semua bidang memiliki dua kemungkinan, pertama bisa sukses dan bertahan bahkan membuka cabang. Kemungkinan kedua ialah mengalami kerugian sehingga operasional usaha tersebut harus dihentikan atau ditutup. Hal yang serupa ternyata juga berlaku untuk usaha berbasis online, terutama usaha di bidang niaga online. Semakin lama umur sebuah toko online menandakan kualitas pengelolaan toko memang memuaskan dan dapat diandalkan.

Meski berbelanja di toko online yang baru saja dibuka tidak selalu berakhir dengan penipuan, namun cara sebaliknya lebih aman. Sebab berbelanja di toko yang sudah melayani ribuan konsumen tentu lebih memberikan keamanan dan kenyamanan. Apabila selama ini merasa kurang nyaman bertransaksi secara online, ada baiknya mempertimbangkan usia dari toko tersebut. Sebagai upaya untuk menjadi korban penipuan yang berkedok usaha atau situs belanja online, kalau tidak hati-hati sendiri lantas siapa lagi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *