Membangun Sebuah Bisnis Terpercaya Dari Awal, Perlu Waktu yang Tidak Sedikit

By | August 8, 2016

bisnis terpercayaSalah satu indikator dari kesuksesan sebuah bisnis adalah adanya pelanggan yang setia, yang memilih bisnis tersebut menjadi tempat pilihan mereka saat belanja. Namun menjadi bisnis yang selalu menjadi pilihan pertama pengunjung memerlukan banyak persiapan dan juga strategi. Bukan hal yang gampang, tapi tak ada salahnya Anda melihat beberapa taktik di bawah ini, yang akan membantu Anda membangun bisnis terpercaya.

Kunci dari membangun kepercayaan dalam sebuah bisnis adalah dengan memegang loyalitas dari para pelanggan yang ada. Kalau Anda hanya mengincar pembeli yang biasa saja, maka menyediakan produk berkualitas dan melakukan promo secara gencar masih bisa dilakukan. Tapi kalau Anda mengincar pelanggan yang setia, Anda jelas memerlukan lebih dari sekedar mampu menarik perhatian pembeli.

Demi membangun bisnis terpercaya tersebut itulah, ada beberapa hal yang mesti dilakukan, yaitu:

  • Kualitas produk konsisten

Memberikan produk yang memiliki kualitas yang bisa dipertanggungjawabkan adalah syarat utama untuk bisa mendapatkan kepercayaan dari pembeli terhadap usaha Anda. Kualitas yang baik akan membuat Anda lebih diingat dan membuat orang kembali lagi.

  • Pelayanan mengesankan

Pembeli yang merasa bahwa pengalamannya selama belanja menyenangkan akan kembali lagi untuk membeli. Jadi misalnya Anda mempunyai online shop yang proses pembeliannya super cepat tanpa harus isi formulir maupun registrasi, maka pembeli tersebut akan cenderung kembali untuk membeli dari Anda.

  • Memberikan garansi

Adanya garansi akan barang-barang yang dibeli di tempat Anda membuat orang menjadi merasa lebih aman dalam transaksi. Ini karena adanya jaminan bahwa ketika ada masalah, maka uang mereka setidaknya akan kembali.

  • Harga yang aman

Anda sebaiknya juga tak memberikan harga yang terlalu mahal, yang jauh di atas harga pasaran, untuk produk yang Anda jual. Tapi juga jangan main banting harga saja, karena ini justru membuat Anda terlihat mencurigakan.

Tentu saja, 4 hal tersebut hanyalah permulaan. Ketika Anda memulai bisnis Anda, pastikan Anda sudah siap melakukan 4 poin di atas tersebut. Saat bisnis sudah mulai berjalan dan Anda sudah berhasil untuk menemukan pembeli, barulah Anda melakukan tambahan-tambahan lain yang akan membangun kredibilitas Anda sebagai seorang pebisnis yang bisa dipercaya.

Baca Juga : BAGAIMANA KIAT MEMBANGUN BISNIS TERPERCAYA? COBA TIPSNYA DISINI!

Berikut ini adalah beberapa langkah tambahan yang tak kalah pentingnya dari 4 langkah di atas untuk membangun kepercayaan pembeli:

  • Memberikan kontak yang mudah dihubungi

Supaya calon pembeli Anda merasa jauh lebih aman lagi, Anda perlu memberikannya keyakinan dengan memberi kontak yang jelas. Berikan nama, alamat, nomor telepon, email, dan lain sebagainya, sehingga mereka bisa menghubungi Anda dengan mudah.

  • Bergabung dengan komunitas pebisnis

ketika Anda bergabung dalam komunitas atau jaringan khusus para pebisnis tersebut, Anda menunjukkan bahwa Anda merupakan pebisnis yang bisa dipercaya, yang mematuhi aturan main yang ada.

  • Membuka blog sendiri

Ketika Anda memiliki blog sendiri di website resmi, Anda menunjukkan bahwa di Bali bisnis tersebut ada sosok manusia yang menjalankannya. Orang akan merasa lebih dekat, apalagi kalau Anda sering berbagi tips dan informasi relevan dengan bisnis, memperlihatkan kemampuan Anda.

Lakukan semua langkah di atas, dan Anda akan menjaring kepercayaan dari konsumen. Namun ingatlah bahwa untuk menjadi bisnis terpercaya, Anda harus memulainya dari bawah dan mendaki secara perlahan-lahan. Kepercayaan perlu waktu untuk dibangun, dan sesuatu yang instan belum tentu bisa bertahan lama. Jadi jangan putus asa dulu ketika di awal Anda merasa belum berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *