Sisi Baik dan Buruk Dari Informasi Online dan Cara Menyikapinya

By | August 9, 2016

informasi onlineInternet telah membawa banyak perubahan yang cukup drastis dalam soal mencari informasi sekarang ini. Anda tak perlu lagi membuka buku, majalah, koran, televisi, maupun radio satu-persatu, lantaran semua hal tersebut sudah bisa Anda temukan di internet. Lebih menariknya lagi, semua bisa Anda temukan hanya dengan klik dan sedikit mengetik di internet. Tersedianya informasi online dalam satu tempat ini memiliki banyak sisi baik, meski sisi buruknya juga tak bisa dipungkiri.

Kemudahan dalam melakukan pencarian adalah hal nomor satu tentang internet yang pasti akan muncul di benak banyak orang. Seperti yang telah disinggung di atas, jika dulunya Anda memerlukan banyak langkah untuk mendapatkan informasi selengkap mungkin, sekarang semua itu sudah tersedia di ujung jari Anda. Lebih tepatnya, keuntungan yang Anda dapatkan adalah:

  • Informasi super lengkap dalam berbagai bahasa yang selalu update.
  • Sumber informasi beragam dan menawarkan banyak sudut pandang, tidak hanya dari satu sisi saja.
  • Kemampuan mendapatkan berita terbaru secara real-time alias siaran langsung, dengan berbagai macam format.
  • Bisa mendapatkan informasi langsung dari pakar dengan komunikasi via media sosial.
  • Untuk yang hobi belanja misalnya, bisa dengan mudah menemukan info tentang diskon maupun barang-barang yang sedang sale.

Baca Juga: BAGAIMANA KIAT MEMBANGUN BISNIS TERPERCAYA? COBA TIPSNYA DISINI!

Namun tentu saja, informasi online bukanlah tanpa kekurangannya. Banyaknya informasi yang tersebar juga menjadi pisau bermata dua karena hal-hal berikut ini:

  • Sumber informasi terlalu beragam, sehingga sulit untuk mencari tahu mana yang benar dan mana yang memberikan informasi palsu.
  • Ketika ada berita terbaru, seringkali situs-situs berita terlalu terburu-buru ingin menjadi yang tercepat memberitakan, sehingga akurasi berkurang.
  • Antara berita dan opini terkadang sulit untuk dipisahkan, sehingga informasi yang diberitakan menjadi bias.
  • Banyak orang yang cenderung menelan mentah-mentah semua informasi yang ada tanpa dipikirkan, dan langsung menyebarkannya tanpa melakukan crosscheck.

Karena kedua sisi itulah, sangat penting bagi Anda untuk bisa melakukan self-filter alias melakukan penyaringan sendiri tentang mana yang paling benar dan mana yang salah. Ini bukan hal yang gampang, dan bagi banyak orang, hal ini adalah sesuatu yang nyaris mustahil lantaran tidak terbiasa maupun karena kemalasan. Jadi, Anda sendiri yang memiliki kontrol untuk mencari tahu yang paling benar.

Bagi Anda yang suka mencari informasi secara online, ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya kesalahan:

  • Selalu gunakan situs yang bisa dipercaya

Temukan informasi melalui situs maupun akun yang memang sudah terbukti bisa dipercaya. Entah itu akun atau situs yang memang terspesialisasi, maupun yang telah memiliki track record bagus.

  • Gunakan lebih dari 1 sumber

Jangan pernah mengandalkan hanya 1 sumber saja. Seperti ketika Anda menyusun makalah di sekolah, Anda harus mencari dari berbagai macam sumber supaya validitas bisa dipertanggungjawabkan.

  • Berpikir kritis

Berpikir kritis dan logis di saat menyerap informasi sangatlah penting. Jangan pernah langsung menerima begitu saja berita yang ada kecuali memang sudah terbukti. Dari sinilah Anda bisa mulai melihat tentang kredibilitas informasi yang disediakan.

Internet memang menyediakan gudang informasi online yang sangat luas dan berguna. Tapi internet juga bisa menjadi tempat di mana kebohongan dan kebodohan merajalela. Jangan sampai Anda menjadi salah satu di antara penyebar informasi yang keliru semacam ini. Jika Anda belum yakin, jangan langsung bagikan atau komentar dulu tentang informasi tersebut, tapi cari tahu kebenarannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *