Cara Menjadi Toko Online Murah yang Rajin Diskon Tapi Tetap Untung Banyak

By | August 11, 2016

onlineterpercaya.com_toko online murah

Kalau Anda merupakan pengusaha online, Anda pasti tahu bahwa demi mendapatkan pelanggan, memberikan diskon dan kupon adalah salah satu cara terbaik. Tapi Anda juga harus ingat, jangan sampai demi mendapatkan gelar toko online murah, usaha malah merugi. Tak sedikit bisnis online yang akhirnya gulung tikar lantaran salah perhitungan dalam memberikan diskon, dan inilah yang harus dihindari.

Sebenarnya, dengan memutuskan untuk berbisnis online saja, Anda sudah bisa memasang harga lebih murah karena tak perlu membayar biaya distribusi maupun komisi toko. Jadi kalau Anda tak mengambil margin keuntungan terlalu tinggi, harga bisa ditekan lebih rendah daripada harga rata-rata di pasaran. Ketika lebih banyak orang memilih Anda, profit yang didapatkan tetap lumayan.

Tentu saja, mendapatkan label toko online murah tidak selalu cukup untuk mendapatkan pelanggan. Diskon selalu menjadi suatu tawaran yang menarik dan menggoda, sehingga alternatifnya adalah, Anda bisa menjual barang dengan harga yang normal, tapi memberikan diskon maupun kupon untuk menjaring pembeli lebih banyak (dan juga meningkatkan pembelian dalam waktu yang sudah Anda perkirakan).

Baca Juga: Membuka Toko Online Indonesia Menawarkan Sejuta Kemudahan, Ini Buktinya!

Namun Anda tentu saja tak bisa sekedar memberikan diskon maupun kupon dengan seenaknya. Kalau demikian, Anda justru yang akan kehilangan profit Anda. Perhatikan ini saat akan mengimplementasikan diskon:

  • Tentukan tujuan Anda

Tentukan dulu apa yang Anda inginkan dari diskon ini. Ingin menarik pembeli baru? Atau memberikan bonus bagi pelanggan setia Anda? Atau mungkin saja Anda hanya ingin cuci gudang menyingkirkan stok berlebih? Dengan tahu tujuannya, Anda bisa tahu mana barang yang harus di diskon, kapan harus dilakukan, dan berapa jumlah diskon yang Anda berikan.

  • Segmentasi pembeli

Lihat dulu sejarah pembeli-pembeli Anda, dan dari sana, buatlah diskon sesuai dengan kebiasaan dan juga jenis barang yang mereka beli. Anda bisa melakukannya dengan membuat profil pelanggan yang merupakan prototipe untuk tipe-tipe pembeli Anda secara garis besar.

  • Cari waktu yang tepat

Carilah waktu yang tepat untuk mengirimkan tawaran diskon tersebut berdasarkan informasi yang Anda punya. Misalnya ketika musim Lebaran, Natalan, saat masuk sekolah, dll.

  • Membuat strategi diskon yang kreatif

Misalnya saja harga barang A normalnya Rp100.000,00, tapi dengan sekalian membeli barang B, maka pembeli hanya perlu membayar A Rp60.000,00 saja. Mungkin juga Anda hanya menawarkan diskon khusus untuk pelajar, untuk para lansia, atau segmen pasar tertentu, dan ini bisa Anda ubah-ubah setiap beberapa waktu.

Dalam menjalankan taktik ini, Anda perlu memperhatikan poin-poin berikut agar tak merugi:

  • Tahu berapa margin harga Anda dengan menyusun range margin yang masih menguntungkan. Diskon lebih baik digunakan untuk barang yang memang marginal cost-nya rendah.
  • Sabar ketika melakukannya, karena diskon dimaksudkan untuk menarik pelanggan menjadi loyal, jadi berpikirlah jangka panjang.
  • Kalau bisa, batasi satu pembeli satu kupon saja, jangan satu pembeli dengan kupon banyak.
  • Perhitungkan biaya yang Anda perlukan untuk menyiapkan diskon ini.
  • Ketika semua sudah selesai, lakukan evaluasi dan analisa untuk perkembangan berikutnya.

Dengan cara demikian, bisnis Anda akan mendapatkan label toko online murah yang rajin memberikan diskon dan kupon, dan tetap menjual barang yang berkualitas. Ini tentunya akan menarik perhatian lebih banyak orang lagi, apalagi jika Anda memberikan insentif dengan cara member get member. Bersikaplah cerdas dalam melakukan diskon dan jangan hanya main banting harga saja demi mendapatkan keuntungan maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *