Membuka Toko Online Dalam Enam Langkah Mudah

By | October 13, 2016

Berjualan secara online, atau lebih dikenal dengan sebutan eCommerce, kini telah benar-benar menancapkan kukunya. Semakin banyak orang di dunia, termasuk di Indonesia, yang menjalankan usahanya lewat toko online. Perputaran uang pada bisnis ini ditaksir mencapai ratusan triliun rupiah setiap tahunnya. Dengan uang sebanyak itu, mungkin sudah saatnya Anda mempertimbangkan untuk terjun ke dalam bisnis ini.

Membuka toko online ternyata tidaklah sesulit yang Anda bayangkan. Dengan enam langkah mudah ini, Anda bisa membuka bisnis online yang sukses:

  1. Tentukan produk apa yang akan dijual

Sebelum Anda melakukan hal lain, yang harus Anda lakukan pertama kali adalah menentukan jenis barang yang akan Anda jual lewat toko online. Apa pun yang Anda pilih, Anda harus menyukai produk tersebut dan pastikan produk itu tidak akan mudah membuat Anda bosan di kemudian hari.

  1. Pilih yang platform toko online yang cocok untuk Anda

Langkah berikutnya adalah menentukan platform yang ideal untuk toko online Anda. Sesuaikan dengan anggaran dan tingkat keahlian Anda.

  • Hosted. Platform ini mewadahi website Anda di server mereka, serta menyediakan perangkat lunak berbasis web untuk membangun dan menjalankan toko online Anda. Platform ini sangat cocok untuk pemula.
  • Licensed. Platform ini di-instal ke sebuah komputer server. Tidak seperti hosted, Anda harus menemukan hosting dan fasilitas keamanan sendiri yang prosesnya kadang bisa rumit.
  • Open source. Platform ini biasanya gratis dan mengharuskan Anda untuk membangun website Anda dari nol. Walaupun ini pilihan yang cocok untuk melakukan kustomisasi penuh, platform ini membutuhkan beberapa program berat untuk mengkonfigurasi situs. Ini bisa berarti Anda harus menyewa jasa seorang pengembang.

Baca Juga: KELEBIHAN MENJALANKAN USAHA ONLINE BAGI PERUSAHAAN

  1. Mulai membangun toko online Anda

Tergantung pada jenis platform yang Anda pilih, Anda harus mempelajari fasilitasnya dan mulai menyiapkan halaman-halaman penting, seperti produk, kategori, beranda, dan konten, dan masih banyak lagi. Perlu diingat bahwa Anda harus mempertimbangkan juga sisi branding dan desain karena ini merupakan kunci penting untuk keberhasilan setiap situs eCommerce.

  1. Pilih nama domain

Nama domain adalah alamat web (URL) yang digunakan pelanggan untuk menemukan toko online Anda. Ini sangat berpengaruh pada bisnis Anda, jadi Anda harus memikirkannya matang-matang. Jika bisa, pilih nama domain yang singkat, sederhana, dan menggambarkan bisnis Anda. Setelah itu, tentukan extension Anda (.com, .biz, .net) dan daftarkan pada perusahaan penyedia nama domain.

  1. Tentukan metode pembayaran

Sebelum meluncurkan toko online Anda, tentukan bagaimana Anda akan menerima pembayaran dari pelanggan Anda. Anda bisa memanfaatkan PayPal atau Google Checkout, atau Anda juga bisa menerima kartu kredit langsung di situs Anda.

  1. Pasarkan toko online Anda

Setelah website Anda siap, Anda harus mengarahkan pelanggan ke toko Anda lewat email, media sosial, atau SEO. Ini sangat penting karena jika tidak ada yang bisa menemukan toko Anda, Anda akan kesulitan untuk membayar tagihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *