Memilih Platform Yang Tepat untuk Toko Online Anda

By | October 14, 2016

Anda biasanya akan kesulitan saat pertama kali memilih platform eCommerce untuk toko online Anda. Pasar platform eCommerce tidaklah kecil. Ada ratusan pilihan yang tersedia. Sebagiannya bernuansa sederhana, tapi kadang mungkin dirasa tidak cukup, sementara sebagian yang lain mungkin terasa berantakan, tetapi menawarkan harga yang lebih murah.

Agar Anda tidak salah memilih platform toko online, mari jawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

Stok barang?

Selalu perhitungkan stok barang yang Anda miliki, dan ketika Anda mencari sebuah platform, pastikan Anda menghabiskan uang sekecil mungkin untuk layanan yang Anda butuhkan. Ada banyak penyedia platform toko online yang menawarkan metode pembayaran alternatif untuk memajang beberapa produk saja.

Digital atau fisik?

Apa yang Anda jual? Barang digital atau fisik? Ini sangat berpengaruh saat menentukan biaya pengiriman dan biaya lainnya. Jadi, carilah platform yang sesuai dengan kebutuhan produk Anda.

Metode pembayaran?

Jika Anda mengalami kesulitan dengan penggunaan PayPal, Anda harus bisa mencari jalan keluarnya, karena tidak semua platform toko online mendukung prosesor pembayaran pihak ke-3.

Baca Juga: MEMBUKA TOKO ONLINE DALAM ENAM LANGKAH MUDAH

Self-Hosted atau Hosted?

Ada banyak sekali alasan mengapa platform eCommerce yang pre-built terdengar lebih menarik ketimbang menyewa jasa pengembang web untuk membangun toko online Anda. Namun, jika Anda merasa yakin mampu memodifikasi tampilan toko Anda secara rutin, cari platform yang menyediakan toko versi self-hosted. Baik self-hosted maupun hosted, kebanyakan platform eCommerce memiliki fasilitas untuk memodifikasi toko Anda secara live.

Rencana pembayaran?

Terakhir, pilih platform yang paling sesuai dengan anggaran Anda. Cari perusahaan yang menyediakan rencana pembayaran bulanan daripada membayar perusahaan yang menjadi host toko online Anda dengan persentase kecil dari penjualan.

Pada titik ini, yang perlu Anda lakukan tinggal memilih salah satu platform eCommerce paling populer yang ada saat ini, dan mulai bereksperimen sampai Anda merasa klop dan Anda langsung tahu bahwa Anda akan menggunakan yang platform tersebut untuk melakukan penjualan.

Dari sekian banyak penyedia, mari kita lihat tiga penyedia platform toko online terpopuler saat ini.

Shopify sangat cocok untuk menjual pakaian, furniture, dan buku digital.

Shopify memiliki tema dan addons direktori yang sangat banyak yang memang diperuntukkan bagi toko-toko semacam itu, dan sudah ada ribuan pelanggan yang melakukan hal yang sama di Shopify.

Volusion akan membantu Anda menjual peralatan, perabot rumah tangga, dan segala perlengkapan outdoor.

Jika Anda hendak menjual sepeda, makanan, atau perabot rumah tangga modern, Volusion memiliki desain bawaan yang sangat cocok untuk toko-toko semacam itu.

WooCommerce akan membuat Anda tetap berkelas!

Platform ini sangat cocok bagi Anda yang doyan ngulik. Plugin WooCommerce WordPress memang gratis, namun Anda mungkin harus mengeluarkan biaya untuk mempelajarinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *