Belanja Online Dan Pembayaran Online Yang Aman

By | October 17, 2016

onlineterpercaya.com-belanja onlineBelanja online merupakan cara terbaik untuk membandingkan harga, memperoleh harga murah, dan mencari hadiah yang langka. Dengan berbekal sedikit pengetahuan, Anda bisa melakukannya dengan aman. Cukup dengan berpegang pada beberapa aturan sederhana dan memperhatikan tanda-tanda bahaya, Anda dapat melakukan transaksi online dengan aman dan selamat.

Belanja aman

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh dari belanja online. Anda bisa mendapatkan banyak sekali pilihan, harga terbaik, dan bisa berbelanja dengan nyaman dari rumah. Walaupun demikian, ada beberapa aturan yang harus Anda ikuti agar pengalaman belanja Anda berlangsung seaman mungkin.

    • Teliti toko tujuan Anda. Jika Anda mengunjugi sebuah situs untuk membeli sesuatu untuk pertama kalinya, pastikan Anda menelitinya terlebih dahulu untuk memastikan itu bukan perusahaan tipu-tipu. Jika Anda ragu, Anda sebaiknya mencari rincian legitimasi perusahaan, seperti perizinan atau finansial mereka. Sebaiknya Anda sangat berhati-hati saat belanja online dari perusahaan kecil atau perusahaan luar negeri yang belum pernah Anda dengar.

  • Jika memungkinkan, bayar lewat kartu kredit. Kartu kredit dapat memberikan keamanan lebih saat bertransaksi online dibanding metode pembayaran lainnya. Penggunaan layanan e-money (seperti Google Wallet atau PayPal) memang tidak memerlukan rincian kartu kredit Anda, tetapi Anda tidak akan mendapatkan perlindungan hukum yang sama jika ada yang tidak beres.

Baca juga: Beberapa Fakta Mengenai Toko Online Murah yang Bersifat Penipuan

  • Baca ulasan/review. Jika Anda masih tidak yakin tentang suatu situs belanja online, cari di Internet tentang pendapat orang-orang tentang situs tersebut.

Cara memastikan bahwa Anda berada di situs yang aman

Anda hanya boleh memasukkan rincian kartu kredit Anda ke situs yang aman. Jika tidak, seseorang bisa mencuri rincian tersebut dan menggunakannya untuk melakukan penipuan. Berikut ini ciri-ciri situs yang aman.

  • Simbol gembok. Cari simbol gembok pada bingkai browser, di samping alamat website. Simbol ini menunjukkan bahwa situs tersebut aman, walaupun itu bukan jaminan, dan ini tidak berarti bahwa si penjual jujur.
  • Alamat website. Pastikan alamat situs pada address bar dimulai dengan https: // bukan http: //. Huruf S pada “https” merupakan singkatan dari secure, yang artinya aman.
  • Sertifikat yang sah. Jika Anda klik simbol gembok, atau di sebelah kiri address bar, Anda akan melihat informasi tentang sertifikat situs. Informasi ini akan memberitahu Anda siapa yang telah mendaftarkan situs tersebut. Jika Anda mendapatkan peringatan tentang sertifikat situs, Anda sebaiknya sangat berhati-hati.

Bagaimana jika sesuatu yang tidak beres?

Jika Anda merasa kartu kredit Anda telah dibobol, segera beritahu bank Anda agar mereka dapat langsung memblokir kartu kredit Anda untuk sementara. Selama Anda tidak bertindak curang atau lalai, Anda akan mendapatkan uang Anda kembali dari bank penerbit kartu kredit Anda jika rincian kartu Anda digunakan secara online oleh penjahat untuk melakukan penipuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *