Potensi Kerugian Yang Ditimbulkan Belanja Online

By | October 18, 2016

onlineterpercaya.com-belanja online

Masyarakat Indonesia kini mulai menikmati kemudahan belanja online. Cukup dengan beberapa klik, Anda sudah bisa mendapatkan kiriman makanan atau sepasang sepatu baru. Tapi dengan   akses 24 jam 7 hari seminggu dan berbagai kemudahan yang ditawarkannya, bukan berarti metode belanja ini merupakan pilihan yang terbaik dan termurah. Apa saja potensi kerugian yang ditimbulkannya? Mari kita simak beberapa di antaranya.

Biaya pengiriman

Banyak toko online yang menawarkan biaya kirim gratis, namun biasanya dengan syarat harus memenuhi jumlah minimum pembelian yang memang dirancang untuk menggoda Anda agar membeli lebih banyak. Jika Anda pada akhirnya membeli lebih banyak daripada yang dibutuhkan, itu berarti bukan transaksi terbaik.

Tapi jika Anda memutuskan tetap belanja online, coba cari kode atau program promosi di Internet yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan biaya kirim gratis tanpa harus melakukan pembelian dalam jumlah tertentu. Sebagai contoh, program keanggotaan ShopRunner atau Amazon Prime menawarkan biaya kirim gratis tanpa ada syarat pembelian minimum. Walaupun demikian, pastikan Anda menghitung perbandingan biaya keanggotaan dengan jumlah biaya yang dihemat.

Membayar lebih dari yang seharusnya

Penjual online biasanya menggunakan metode penetapan harga dinamis yang berarti harga akan naik turun sepanjang hari. Jika Anda membeli pada waktu yang tidak tepat, Anda mungkin akan membayar lebih dari yang seharusnya. Akan jauh lebih sulit untuk mengubah harga di toko konvensional daripada di toko online.

Selain teknik di atas, ada juga beberapa situs e-commerce yang menggunakan teknik “price steering.” Teknik ini akan memanipulasi hasil pencarian atau harga berdasarkan data yang dikumpulkan dari pengguna. Sebagai contoh, jika sebuah situs e-commerce mendeteksi bahwa seorang konsumen belanja online tergolong makmur, situs tersebut mungkin akan menggiring konsumen tersebut ke barang-barang yang lebih mahal.

Pembelian tidak perlu

Anda mungkin tidak memerlukan sepasang sepatu baru, tapi tiba-tiba Anda mendapatkan email dari toko online favorit Anda yang menawarkan potongan setengah harga untuk pembelian kedua. Atau saat Anda akan menutup peramban Internet, tiba-tiba muncul pop up yang menawarkan diskon 10 persen pada pembelian kedua. Pada kondisi ini, alih-alih berpikir bahwa Anda tidak memerlukan dua pasang sepatu, Anda malah berpikir bahwa ini tawaran yang menggiurkan. Para penjual online memang sangat pintar membuat Anda menghabiskan lebih banyak uang.

Baca juga: BELANJA ONLINE DAN PEMBAYARAN ONLINE YANG AMAN

Tidak bisa menyentuh dan melihat langsung

Ini merupakan kelemahan terbesar belanja online. Ketika Anda tidak bisa menyentuh atau melihat langsung barang yang akan Anda beli, ada kemungkinan (yang besar) sepatu yang Anda beli tidak pas di kaki, sweater yang Anda beli ukurannya kekecilan atau kebesaran, atau bantal yang Anda beli tidak cocok dengan sofa Anda alias tidak sesuai dengan harapan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *