Usaha Online: Jalan Alternatif Memperoleh Penghasilan Dari Rumah

By | October 21, 2016

onlineterpercaya.com-usaha online

Bekerja tidak harus selalu dilakukan di kantor. Walaupun sebagian dari kita harus menghabiskan lebih banyak waktu di rumah, misalnya ibu rumah tangga, bukan berarti tidak memiliki peluang untuk memperoleh penghasilan. Selain lewat home industry, Anda juga bisa menjalankan usaha online di rumah. Berbeda dengan home industry, memulai usaha lewat Internet relatif tidak memerlukan modal yang besar. Yang Anda butuhkan hanya satu unit komputer, jaringan Internet, dan tentunya keinginan yang besar untuk sukses di bisnis Internet karena Anda memerlukan kesabaran dan ketekunan yang besar.

Anda bisa memperoleh penghasilan hingga jutaan bahkan miliaran rupiah lewat usaha online. Tengoklah beberapa contoh sukses dari Indonesia. Ada Anne Ahira yang sukses di Internet marketing dan Eka Lesmana yang sukses di Google Adsense. Walaupun memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda, keduanya bisa berhasil berkat ketekunan, fokus, dan pantang menyerah.

Supaya Anda lebih mengenal usaha online, berikut ini beberapa di antaranya:

Menjadi Publisher

Publisher mungkin lebih dikenal dengan sebutan blogger. Ini merupakan jenis usaha online yang paling banyak dijalankan. Tugas Anda adalah membuat blog atau website, mengisinya dengan konten menarik agar ramai pengunjung, kemudian menyediakan space untuk dipasangi iklan. Dari iklan tersebut Anda bisa memperoleh penghasilan. Besar kecilnya penghasilan bergantung pada banyak faktor, seperti banyak space yang disediakan dan jumlah pengunjung.

Baca juga: BELANJA ONLINE DAN PEMBAYARAN ONLINE YANG AMAN

Menjual Blog atau Website (Site Flipping)

Selain lewat iklan, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan usaha online dari menjual blog atau website alias melakukan site flipping. Bila suatu blog sudah ramai pengunjung dan sudah mulai menghasilkan, Anda sudah bisa menjualnya. Apalagi bila blog tersebut memenuhi kriteria HPK, CTR tinggi, Not Banned GA, bisa dipastikan blog Anda kan berharga sangat tinggi.

Menjadi Penulis Artikel (Ghost Writer)

Agar ramai dikunjungi, sebuah blog memerlukan konten yang menarik dalam jumlah banyak. Pada awalnya seorang blogger mungkin bisa melakukannya sendiri. Namun, lama-lama, terlebih jika blog sudah mapan dan berpenghasilan besar, biasanya dia akan mengalami kesulitan sehingga memerlukan bantuan orang lain untuk melakukannya. Biasanya, Anda dibayar per artikel yang memenuhi persyaratan, seperti memuat keyword yang diminta, dalam jumlah kata tertentu, dan tentunya lolos dari uji plagiarisme.

Affiliate Marketing

Usaha online ini mengharuskan Anda mempromosikan barang orang lain lewat media blog, website, atau media sosial. Bila terjadi penjualan dari link promosi Anda, Anda akan mendapat bayaran dalam persentase tertentu.

Dropshipping

Cara kerja usaha online ini mirip dengan reseller barang dan Affiliate Marketing. Anda menjualkan barang dari penyedia barang dengan harga jual yang sudah ditambah dengan keuntungan Anda. Namun Anda tidak perlu menyiapkan stok barang. Jadi, ketika ada konsumen yang membeli, Anda harus segera menghubungi penyedia barang, membayar harga asli barang yang akan dijual ditambah ongkos kirim, dan menyerahkan urusan pengiriman barang kepada penyedia barang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *