Kelebihan dan Kekurangan Menjalankan Toko Online

By | October 27, 2016

onlineterpercaya.com-toko online

Sekarang ini fenomena toko online sangat digandrungi oleh para pembisnis. Bahkan sudah banyak pembisnis yang berhasil menambah omset mereka dan membuka jaringan lebih luas. Bahkan tidak sedikit pembisnis pemula memulai usaha ini

Namun cara bisnis apapun, baik itu dengan cara online maupun offline (cara bisnis konvensional) tidak lepas dari kekurangan dan kelebihannya. Apa saja kekurangan dan kelebihan bisnis online shop? Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel ini:

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online Shop

Ada banyak manfaat dan kelebihan menjalankan toko online, salah satunya adalah mendapatkan penghasilan. Bahkan tidak sedikit pembisnis online shop yang akhirnya memberikan peluang kepada orang lain untuk bergabung menjadi reseller produknya, hal tersebut menjadi salah satu bentuk mengurangi angka pengangguran.

Selain itu kelebihan menjalankan online shop lebih simple dan fleksibel. Dari segi modal, tidak sebesar seperti halnya bisnis offline. Karena menjual barang online tidak membutuhkan toko seperti halnya bisnis konvensional yang membutuhkan toko untuk mendisplay barang yang dijual.

Selain modal seadanya, kelebihan menjalankan bisnis online bisa disesuaikan waktunya dengan kesibukan yang lain. Banyak pembisnis online yang profesinya adalah pegawai kantoran, mahasiswa bahkan ada ibu rumah tangga. Bisnis online bisa dilakukan dimana saja dan kapanpun.

Namun dibalik kelebihannya tersebut, menjalankan bisnis online memiliki kekurangan seperti banyaknya pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab melakukan penipuan membuat sebagian orang enggan atau tidak percaya belanja online.

Baca juga: PRODUK-PRODUK PALING LARIS DAN PALING DIBURU DI ONLINE SHOP MURAH INDONESIA

Dengan mengetahui kekurangan menjalankan bisnis online tersebut diharapkan dapat mengetahui bagaimana cara mengatasi masalah-masalah yang umumnya terjadi dalam menjalankan bisnis ini dan yang penting adalah memberikan pelayanan yang baik kepada calon konsumen.

Cara Mengembangkan Bisnis Online

Sekarang banyak online shop yang terus berkembang dan kreatif. Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menarik perhatian calon konsumen daiantarnya adalah:

  1. Persiapkan nama toko yang unik dan sesuai dengan barang yang dijual
  2. Buat foto dengan angle yang berbeda dan memiliki nilai jual.
  3. Buat website atau blog sebagai tempat memajang barang yang Anda jual. Pada web atau blog tersebut bisa dibuat halaman khusus artikel atau forum tanya jawab.
  4. Melakukan bentuk-bentuk promosi yang berkesinambungan
  5. Melakukan promosi yang unik dan menarik yang membedakan toko online Anda dengan milik orang lain.
  6. Memberikan souvenir atau ucapan terima kasih kepada pembeli.
  7. Memberikan pelayanan yang ramah dan cepat.

Memulai bisnis toko online memang tidak mudah, apalagi bagi para pemula. Namun, tidak menutup kemungkinan Anda bisa mencapai keberhasilan dan kesuksesan dengan kunci utama konsisten, disiplin dan memiliki strategi jitu dalam hal pemasaran. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *