Langkah-langkah Membuka Toko Online

By | November 3, 2016

onlineterpercaya.com-toko online

Pangsa pasar jual beli online yang terus meningkat setiap tahun membuat sebagian besar pedagang mulai melirik dan berpindah ke bisnis online untuk lebih melebarkan cakupan bisnisnya. Bisnis online yang tidak tersekat ruang membuat jangkauan bisnis ini jauh lebih luas jika dibandingkan membuka toko di suatu kota tertentu. Jika membuka toko kemungkinan besar pengunjungnya adalah orang-orang yang tinggal atau singgah di kota tersebut, dalam bisnis online pelanggan dan pembelinya bisa berasal dari mana saja, bahkan dari tempat dan wilayah yang relatif jauh dari jangkauan. Peluang inilah yang dibaca dengan baik oleh para pebisnis. Selain memasarkan produk dagangannya secara nyata dengan membuka gerai dan lapak, para pebisnis juga mulai membuat lapak-lapak online untuk memperkenalkan dan menawarkan produknya secara lebih luas. Namun, tidak semua pebisnis terutama dalam skala kecil yang memahami bagaimana cara memulai bisnis online. Berikut ini adalah langkah-langkah membuka toko online yang harus dilakukan seorang pebisnis yang ingin melebarkan bisnisnya di dunia online.

Membuat Akun Media atau Website

Fungsi akun media atau website bagi pedagang online tidak ubahnya seperti toko atau lapak bagi pebisnis di dunia nyata. Tanpa adanya toko, proses menawarkan dan mengenalkan produk tidak dapat berjalan dengan efektif. Untuk itu, membuat akun media atau website merupakan langkah pertama yang harus dilakukan seorang pebisnis yang akan memulai usahanya di bidang bisnis online. Buatlah situs atau akun di media sosial dengan identitas sebagaimana toko asli kebanyakan, misalnya dengan mencantumkan nama toko, alamat lengkap pemilik toko, dan nomor kontak yang bisa dihubungi pada kolom profil. Isilah data profil dengan sebenar-benarnya dan selengkap-lengkapnya. Pembeli yang suka berbelanja di toko-toko online memiliki kencenderungan hanya berbelanja di toko online yang identitasnya jelas.

Baca juga: Kiat Belanja Mudah di Toko Online Indonesia

Memposting Review, Keterangan, dan Harga Produk

Setelah membuat akun media atau website, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah memposting foto-foto produk yang kita jual dalam keadaan yang sebenarnya. Fotolah produk yang ingin kita jual satu persatu. Kemudian, tulislah keterangan tentang produk tersebut sekaligus harganya, mulai dari spesifikasi, ukuran, warna, berat, model, motif, dan keterangan-keterangan lain yang mengacu pada sifat atau kondisi produk tersebut. Kalau perlu, akan lebih bagus jika pemilik lapak online tersebut membuat semacam review atau ulasan mengenai keunggulan produk yang akan dijual tersebut agar menarik perhatian pembeli.

Melakukan Promosi di Media Sosial

Langkah terakhir yang tidak kalah penting ketika memulai usaha bisnis online adalah melakukan promosi di media sosial. Promosi merupakan langkah untuk mengenalkan toko online dan produk yang kita jual ke khalayak yang lebih luas. Cara promosi yang paling efektif adalah melakukan pemasaran di media sosial, seperti facebook, twitter, instagram, dll. sebab umumnya pembeli akan sangat aktif di media sosial mereka, sehingga kemungkinan mendapatkan pembeli di media sosial sangatlah besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *