Keuntungan Membuka Usaha Online

By | November 8, 2016

onlineterpercaya.com-usaha onlineBisnis online merupakan fenomena baru di Indonesia yang mulai merebak dalam kurun waktu lima tahun belakangan. Banyaknya orang yang mulai berkecimpung dalam bisnis online bak jamur di musim hujan, terus ada dan berlipat ganda. Hal tersebut disebabkan oleh besarnya pangsa pasar di dunia online yang tidak dibatasi oleh sekat-sekat ruang, sehingga pembeli dapat datang dari mana saja dan pemasaran yang dilakukan di bisnis online lebih luas jangkauannya dibandingkan dengan membuka toko di dunia nyata. Membuka usaha online memang menawarkan banyak sekali keuntungan. Tulisan ini akan membahas mengenai keuntungan-keuntungan yang diperoleh pebisnis atau pedagang yang berkecimpung dalam bisnis online yang mengandalkan jaringan internet tersebut.

Tidak Perlu Membayar Uang Sewa Toko

Dalam bisnis online, toko tempat berjualan dapat dibuat dengan gratis. Banyak sekali domain-domain website yang menyediakan fasilitas membuat situs gratis alias tidak perlu mengeluarkan beaya sepesarpun. Website atau akun di media sosial fungsinya sama dengan toko atau lapak di dunia nyata. Perbedaannya, jika membuka toko di dunia nyata pebisnis atau pedagang harus mengeluarkan uang sewa bulanan atau bahkan harus membangun sendiri tokonya dan mengeluarkan modal yang tidak sedikit, dalam bisnis online seorang pedaagang dapat membuat lapak atau toko online secara gratis, tidak perlu mengeluarkan uang sewa bulanan, sehingga lebih hemat pengeluaran dan modal yang dikeluarkannya lebih minim.

Baca juga: Keuntungan dan Tips Menjalankan Usaha Online

Hemat Biaya Promosi

Keuntungan terbesar dari membuka usaha online adalah hemat beaya promosi. Jika membuka toko atau berbisnis di dunia nyata seorang pedagang harus mengeluarkan beaya yang tidak sedikit untuk melakukan promosi, misalnya dengan membuat selebaran, poster, atau bahkan menitipkan iklan di surat kabar atau melalui siaran radio; dalam bisnis online, beaya promosi dapat ditekan seminimal mungkin bahkan bisa gratis tanpa mengeluarkan beaya kecuali untuk membeli pulsa internet. Jangkauan promosi yang dilakukan di dunia online pun lebih luas dan menyasar ribuan bahkan jutaan orang dari berbagai kota. Pebisnis online cukup melakukan promosi dengan efektif di media sosial seperti facebook, twitter, dan instagram untuk memasarkan produknya agar dikenal dan dilirik oleh calon pembeli. Untuk strategi yang lebih efektif dan tepat sasaran, pebisnis online dapat bergabung dengan grup-grup tertentu di media sosial yang kemungkinan cocok dengan pangsa pasar barang yang akan dijualnya.

Bisa Dijadikan Pekerjaan Sampingan

Keuntungan tambahan dari memuka usaha online adalah waktu berjualannya lebih fleksibel, tidak kaku seperti halnya membuka toko atau menjaga toko di dunia nyata yang terjadwal sehingga setiap hari toko tersebut harus dijaga. Dalam bisnis online, penjual dapat membuka lapaknya sewaktu-waktu, yang disesuaikan dengan waktu sengganggnya, sehingga bisnis online dapat dijadikan usaha sampingan di luar kesibukan utamanya. Kunci utama keberhasilan setiap usaha, baik bisnis online atau terjun berbisnis di dunia nyata adalah ketekunan. Ketekunanlah yang akan membedakan pendapatan atau penghasilan satu pebisnis dengan pebisnis lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *