Panduan Mendapatkan Informasi Online Yang Layak Dipercaya

By | November 23, 2016

onlineterpercaya.com-informasi online

Anda suka mencari informasi online lewat internet? Di era digital seperti sekarang ini. banyak dari masyarakat yang mencari sumber-sumber terkait pekerjaannya maupun bidang karirnya lewat internet. Namun Anda juga harus bijak dan tetap memperhatikan keabsahan informasi tersebut. Internet itu luas dan bahkan tak terjangkau oleh mata Anda. Dengan begitu Anda harus berhati-hati mendapatkan berita informasi yang benar-benar valid, terpercaya dan mempunyai kredibilitas yang bisa dipertanggung jawabkan. Bagi Anda yang gemar dan suka mencari informasi apapun lewat online. Maka kami akan berikan panduang mendapatkan informasi online yang layak dipercaya. Berikut pemaparannya:

   Poin pertama: adalah apakah informasi pada halaman mesin pencari primer atau sekunder?. Semakin jauh dua pilihan tersebut dari sumber utama, kurang dapat diandalkan informasi tersebut.

    Poin kedua : dapatkah Anda memverifikasi informasi pada halaman Web dengan cara lain? Misalnya, Anda dapat memeriksa daftar pustaka halaman (jika ada) terhadap kepemilikan perpustakaan Anda atau memeriksa informasi terhadap sumber di perpustakaan?

   Poin ketiga: Jika Anda khawatir bahwa informasi online tersebut mungkin kurang kredibilitas, coba mulai dengan sumber yang Anda tahu yang terkemuka. Misalnya, jika Anda harus melakukan proyek  terbaru dalam penelitian kanker, Anda dapat memulai pencarian Anda di lembaga penelitian kanker utama

   Poin keempat. Akhirnya, ingat bahwa meskipun halaman mungkin tidak memenuhi standar Anda sebagai sumber terpercaya, mungkin membantu Anda menghasilkan ide-ide yang baik atau titik sumber yang dapat digunakan lainnya. Juga, pastikan untuk tidak menghentikan pencarian Anda di halaman mesin pencari pertama yang Anda temukan – website, portal dan lakukan beberapa bandingan sehingga Anda dapat memiliki titik acuan.

Waspadalah terhadap desas-desus dan rumor! Pada akhirnya, masalah dengan keabsahan sebuah  informasi online di Web adalah seperti anak yang sedang bermain game dengan cara berbisik. Seseorang berbisik pesan ke anak pertama, yang berbisik kepada kedua, dan seterusnya. Pada saat itu sampai ke anak terakhir, pesan putus dan terdistorsi. halaman web dapat bekerja dengan cara yang sama ketika orang mendapatkan informasi dari halaman web orang lain: Orang pertama yang posting informasi dapat membuat beberapa kesalahan kecil; kedua tidak sengaja mengulangi mereka dan membuat satu atau dua lagi; ketiga membuat beberapa; dan seterusnya. Untuk pencari informasi itu dapat mungkin untuk mengatakan di mana dalam rantai informasi yang datang dari awal, tetapi yang membuat perbedaan dalam keabsahan informasi ini. Jadi tidak ada salahnya untuk memeriksa terhadap referensi perpustakaan. Semakin berkembangnya berita dan informasi di internet yang tak terjangkau tersebut. Anda harus tetap mencari kemungkinan lain dalam mendapatkan sebuah informasi. Yakni dengan tetap merujuk referensi seperti perpustakaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *