Tips Belanja di Situs Belanja Online Agar Terhindar Dari Penipuan

By | December 1, 2016

onlineterpercaya.com-belanja online

Seiring berkembangnya teknologi di dunia internet, semakin kuat trand belanja online yang berkembang di masyarakat. Apalagi sekarang ini semakin banyak orang yang memiliki kesibukan. Dengan adanya situs belanja online semakin memudahkan kita untuk mendapatkan barang yang diinginkan.

Pilih Situs Belanja Yang Terpercaya

Poin penting yang harus dipertimbangkan jika akan melakukan transaksi online adalah memastikan situs jual beli tersebut apakah situs terpercaya. Pilihlah situs yang memiliki kredibilitas dan terbukti aman.

Untuk mengetahui apakah situs jual beli terpercaya atau tidak caranya bisa mencari informasi yang berhubungan dengan situs tersebut, bisa bertanya ke saudara atau teman yang pernah melakukan membeli barang di situs tersebut. Baca dan pelajari kebijakan yang dikeluarkan oleh situs belanja online tersebut. Pastikan kebijakannya tidak merugikan pembeli.

Jangan Mudah Tergiur Dengan Harga Murah

Harga barang yang murah menjadi daya untuk membeli produk tersebut. Wajar saja ada toko online yang memberikan harga lebih murah dibandingkan dengan toko lainnya. Namun, pastikan harga yang diberikan masih wajar dan masuk akal. Jika harga yang ditawarkan tidak masuk akal (murah sekali) sebaiknya tunda membeli barang tersebut. Karena dikhawatirkan itu adalah modus penipuan. Jadi, sebelum memutuskan membeli barang yang murah, sebaiknya pastikan terlebih dulu harga normalnya.

Baca Deskripsi atau Keterangan Produk

Sebelum memutuskan membeli produk, pastikan baca terlebih dulu informasi atau keterangan produk yang akan Anda beli. Jangan sampai produk yang akan Anda beli ternyata tidak sesuai dengan keinginan. Jika sekiranya ada yang tidak jelas, sebaiknya hubungi penjual dan tanyakan mengenai detail produk yang akan Anda beli.

Kredibilitas Penjual

Saat berkunjung ke toko online sebaiknya jangan terburu-buru pesan barang. Lihat kredibilitas penjual toko online tersebut. Untuk mengetahui kredibilitas penjual caranya bisa melihat testimony atau review dari konsumen yang pernah membeli sebelumnya di toko yang bersangkutan.

Periksa Barang Yang Dipesan

Saat barang sudah diterima, periksa terlebih dulu dengan teliti. Apakah produk tersebut sesuai dengan yang Anda pesan atau tidak. Perhatikan semuanya, apakah ada cacat atau tidak. Jika ada hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya hubungi kembali toko online.Selain itu pastikan saat memberikan alamat dan nomor terlepon di isi dengan alamat yang jelas, hal ini untuk menghindari kesalahan proses pengiriman barang.

Simpan Bukti Transaksi

Untuk mengantisipasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya bukti transaksi (resi transfer, catatan percakapan dengan penjual) di simpan dengan baik sampai barang benar-benar diterima. Jadi apabila terjadi kesalahan kirim, Anda bisa menunjukkan bukti-bukti kepaa penjual.

Demikian informasi mengenai situs belanja online yang terpercaya. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat. Selamat berbelanja online!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *