Tips Aman Belanja Online Di Situs Online Terpercaya

By | December 7, 2016

onlineterpercaya.com-situs onlineDengan semakin berkembangnya dunia teknologi, memungkinkan siapapun belanja secara online. Ada banyak keuntungan belanja di situs online jual beli, diantaranya: lebh hemat waktu, biaya, tenaga dan bisa dilakukan dimana saja dan kapanpun tanpa harus keluar rumah.

Namun, belanja online perlu waspada karena di saat semakin meningkatnya transaksi jual beli online, semakin banyak modus penipuan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Kedok penipuan jual beli online biasanya pelaku memasang situs toko online dan memajang foto-foto produk yang didagangkan. Pada saat pembeli memesan dan menstraper uang, pelaku tidak mengirimkan barang yang dipesan.

Untuk menghindari penipuan, setiap pengguna internet harus lebih waspada dan hati-hati jka akan melakukan belanja online di situs online jual beli. Berikut ini adalah tips aman belanja di situs jual beli yang bisa Anda jadikan pedoman.

Gunakan Perangkat/ Gadget Sendiri

Pemesanan produk yang akan Anda beli sebaiknya menggunakan perangkat komputer, laptop atau smartphone milik sendiri. Sebaiknya jangan menggunakan perangkat yang bisa digunakan oleh banyak orang, seperti: warnet, perpustaan dan kantor. Karena data pribadi atau data kartu kredit bisa dilacak oleh pemakai komputer yang tidak bertanggung jawab.

Lakukan Sendiri Tanpa Harus Di Wakili Orang Lain

Jika Anda baru pertama kali melakukan belanja online bisa minta bimbingan orang terdekat bagaimana cara dan teknik pemesanannya. Namun sebaiknya setelah Anda mengetahui caranya jangan sekali kali meminta bantuan orang lain untuk mewakili pembelian barang atas nama Anda. Mengapa? Karena data akun pribadi bisa digunakan untuk transaksi jual beli tanpa ada batas waktu. Dikhawatirkan akun tersebut dimanfaatkan.

Cari Situs Toko Online Terpercaya

Fenomena toko online saat ini sangat menjamur, hal tersebut terlihat semakin banyak toko online yang bisa Anda temukan di internet. Oleh sebab itu sebelum melakukan pemesanan pastikan apakah toko online tersebut terpercaya dan sudah bersertifikasi. Ketahui juga ciri-ciri toko online yang terpercaya dengan toko online yang abal-abal.

Perhatikan Ketentuan dan Syarat

Setiap toko online memiiki ketentuan dan syarat yang berbeda-beda. Misalnya ada toko online yang membolehkan pembeli menukar atau mengembalikan barang yang sudah dipesan jika tidak sesuai. Namun ada juga yang tidak menggunakan ketentuan tersebut. Jadi pastikan sebelum memesan baca syarat dan ketentuan toko online.

Perhatikan Biaya dan Agen Pengiriman

Tips terakhir agar terhidar dari penipuan adalah pastikan berapa biaya pengirimannya karena ada beberapa toko online yang tidak mencantumkan biaya seperti: ongkos kirim, pajak, pengepakan dsb.

Selain itu pastikan situs online jual beli yang dimaksud menggunakan jasa armada yang terpercaya. Kalau bisa armada yang digunakan yang sudah memiliki fasilitas tracking sehingga Anda bisa memantau proses pengiriman barang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *