Informasi Online Mengenai Jenis-Jenis Perusahaan E-commerce Indonesia

By | December 13, 2016

onlineterpercaya.com-bisnis online

Diantara pembaca, mungkin ada yang sudah tahu apa itu e-commerce. Jika Ada yang belum tau apa itu e-commerce dalam informasi online ini kami akan menjelaskan mengenai apa itu e-commerce dan perusahaannya.

Pengertian E-Commerce

Perusahaan e-commerce di Indonesia adalah istilah yang digunakan untuk perdagangan barang-barang elektoronik. Awalnya sistem perdagangan ini tidak populer karena masih banyak konsumen yang meragukan  keamanannya. Namun sekarang sistem perdagangan ini menjadi trand dan gaya hidup.

Secara sederhana e-commerce adalah perdagangan yang dilakukan menggunakan media internet. Layanan e-commerce berasal dari Electronic Data Interchange (EDI) yang sekarang sudah mengalami perkembangan.

Perusahaan e-commerce saat ini sudah banyak, mereka melayani penjual, pembeli dalam kegiatan transaksi jual beli yang dilakukan di internet. Berikut informasi online jenis-jenis perusahaan e-commerce yang terkenal:

  • Classifieds

Iklan baris atau classified merupakan bentuk perdagangan atau bisnis pertama yang paling sederhana dari e-commerce. Karakteristik bisnis ini adalah menyediakan jasa namun tidak terlibat secara langsung dalam proses jual belinya. Perusahaan hanya menjadi media yang mempertemukan penjual dengan pembeli.

Siapapun yang ingin menjual barang bisa melakukannya dimanapun dan kapanpun secara online. Keuntungan yang di dapat dari e-commerse adalah dalam bentuk iklan baris. Iklan baris adalah iklan premium yang dipasang pada situs/websitenya.

Contoh perusahaan e-commerce yang menggunakan sistem ini adalah : olx, berniaga, kaskus jual beli, toko bagus dsb.

  • Customer to Costumer

Marketplace C2C adalah bisnis dalam bentuk classified dimana pihak perusahaan menawarkan media promosi barang-barang yang akan dijual.  Metode pembayarannya dilakukan secara online. Umumnya mereka memberikan pelayanan transaksi pembayaran dengan menggunakan rekening pihak ketiga atau dikenal dengan istilah Escrow.

Sistem pembayaran tersebut fungsinya untuk menjembatani antara pihak e-commerce, penjual dan pembeli. Setelah pembayaran masuk ke rekening, baru kemudian penjual mengirimkan barangnya ke pembeli. Setelah pembeli mengkonfirmasi barangnya sudah diterima, kemudian pihak ketiga akan mengirimkan uang ke penjual.

Perusahaan yang menggunakan sistem ini, seperti: Tokopedia dan lamindo. Keuntungan yang di dapat dari sistem ini adalah komisi dan jasa escrow.

  • Shopping Mall

Shopping mall hampir mirip dengan C2C, perbedaannya adalah penjual di shooping mall hanya merk yang sudah memiliki brand besar, baik di pasar lokal maupun internasional. Di Indonesia bentuk bisnis ini dilakukan oleh Bibili.

  • Business to Costumer

Business to Custumer (B2B) adalah penjualan yang lebih fokus pada produk yang dimiliki oleh e-commerce sendiri. Perusahaan yang menggunakan B2B adalah: Berry Benka, Lazada dsb.

  • Sosial Media Shop

Sosial media shop muncul setelah hadir media sosial yang semakin ramai. Banyaknya pengguna media sosial dimanfaatkan oleh perusahaan e-commerce untuk membangun bisnisnya. Salah satu media yang paling banyak digunakan adalah facebook.

Demikian informasi online mengenai jenis-jenis perusahaan e-commerce. Semoga artikel ini bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *