Tips Belanja Aman Menggunakan Kartu Kredit Di Situs Terpercaya Belanja Online

By | December 15, 2016

onlineterpercaaya.com-tips onlineBelanja online semakin memberi kemudahan untuk bertransaksi, salah satunya dengan belanja di situs terpercaya dengan menggunakan kartu kredit untuk pembayarannya. Namun, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar terhindar dari aksi penipuan atau pencurian identitas.

Gunakan Kartu Kredit Hanya di Situs Terpercaya

Saat Anda belanja online menggunakan kartu kredit, pastikan toko online yang Anda pilih adalah toko yang memiliki reputasi dan kredibilitas yang terpercaya. Saat ini sudah banyak artikel yang membahas seputar situs terpercaya yang memberikan fasilitas pembayaran menggunakan kartu kredit.

Selain itu, Anda bisa mengetahui kredibilitas toko online dari testimony konsumen yang pernah membeli produk menggunakan kartu kredit di toko tersebut dan kumpulkan informasi dari teman atau saudara.

Pastikan Keamanan Tempat Anda Memasukkan Data Kartu

Saat Anda memasukkan data kartu kredit untuk melakukan transaksi, sebaiknya pastikan dulu Anda memasukkan informasi tersebut di situs yang aman. Yang bisa menjadi penanda tingkat keamanan suatu situs adalah gambar gembok yang terdapat di sudut bawah kanan atau gambar lencana Veri Sign di bawah halaman situs tersebut. Kedua lambang tersebut bisa dijadikan penanda atau mengidentifikasikan bahwa situs belanja tersebut menggunakan enkripsi untuk menjamin keamanan dan melindungi data.

Pastikan Perangkat Yang Digunakan Tersedia Aplikasi AntiVirus

Pastikan perangkat Anda terlindung dari serangan virus berbagaya yang bisa membawa Anda ke situs belanja palsu. Caranya sangat mudah Anda tinggal mengunduh antiirus di komputer, laptop, gadget atau smartphone yang akan digunakan.

Pastikan juga aplikasi antivirus merupakan keluaran versi terbaru dan pastikan selalu update. Gunakan aplikasi antivirus yang berkualitas bukan abal-abal.

Jangan Melakukan Transaksi Di Perangkat Yang Bukan Milik Anda

Salah satu kelebihan belanja online adalah bisa dilakukan dimana saja. Namun sangat penting untuk Anda ketahui menggunakan perangkat yang digunakan lebih dari satu orang segi keamanannya sangat rendah.

Jadi jangan gunakan perangkat komputer yang digunakan bersama, seperti di warnet, kantor atau perpusatakaan. Selain itu hindari meminjam smartphone milik orang lain, lebih baik menggunakan ponsel milik pribadi.

Menggunakan perangkat sendiri belum cukup untuk menjaga keamanan data jika koneksinya menggunakan koneksi melalui wifi. Karena para heker bisa saja mengakses jaringan wifi. Jadi pastikan jika melakukan transaksi online dengan menggunakan kartu kredit sebaiknya menggunakan koneksi pribadi juga.

Cetak Bukti Pembayaran

Setiap kali Anda menggunakan transaksi pembelian online menggunakan kartu kredit selalu cetak konfirmasi atau bukti pembayaran. Bukti tersebut bisa dijadikan bahan perbandingan jumlah yang tertera dengan jumlah yang terdapat pada lembar penagihan. Pastikan keduanya sama. Selain itu jika Anda memiliki masalah dengan situs terpercaya tempat Anda belanja, bukti pembayaran bisa dijadikan bukti bahwa Anda sudah bertransaksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *