Kiat Membangun Bisnis Terpercaya di Internet

By | December 28, 2016

onlineterpercaya.com-bisnis internetStatistik yang dirilis oleh berbagai media bisnis terkemuka mencatat bahwa perkembangan kepercayaan konsumen atau pembeli terhadap jual beli di internet terus meningkat setiap tahun, dengan jumlah peningkatan rata-rata 8% setiap tahunnya. Tidak heran jika banyak di antara para pebisnis yang melebarkan sayapnya ke bidang bisnis online bahkan beralih ke bisnis online sebab jumlah keuntungan yang bisa diperoleh lebih menjanjikan. Dunia internet yang cepat dan mudah memang memberikan keuntungan dan kemudahan bagi para pebisnis, terutama dalam hal marketing. Beaya pemasaran di internet jauh lebih cepat, murah dan mudah dibandingkan dengan melakukan pemasaran door to door. Namun pada kenyataannya, tidak semua kemudahan yang ditawarkan oleh kecanggihan internet membuat para pebisnis sukses membangun bisnis secara online. Terdapat banyak faktor mengapa para pebisnis tersebut gagal ketika berbisnis di internet, mulai dari salah memilih mitra, tidak mendapatkan kepercayaan dari konsumen, hingga bisnis yang dibangunnya tidak mampu bertahan lama. Berikut ini adalah beberapa kiat membangun bisnis terpercaya di internet.

Bagaimana Cara Mencari Mitra Bisnis di Internet?

Bukan hanya di internet, mencari mitra bisnis terpercaya di dunia nyata pun sebenarnya merupakan salah satu hal yang sulit dalam mambangun jaringan dan koneksi. Tidak semua orang yang diajak berkerja sama dapat dipercaya. Jangankan orang yang tidak dikenal, orang yang sudah dikenalpun tidak jarang membuat kecewa. Cara yang paling bijak dalam mencari mitra bisnis di internet adalah dengan melakukan penjajakan terlebih dahulu. Pilihlah mitra bisnis yang mau saling mengenal, bukan hanya ingin dikenal. Mau saling menghubungi, jangan yang maunya hanya dihubungi. Watak sederhana semacam itu seringkali berdampak besar dalam bisnis yang kita jalin. Bermitralah dengan orang yang humble, yang ramah dan peduli.

Bagaimana Agar Konsumen Percaya Terhadap Bisnis Kita?

Salah satu kunci untuk membangun kepercayaan di mata konsumen adalah keterbukaan. Keterbukaan bisa dimulai dari hal-hal yang terkecil, mulai dari mencantumkan identitas kita secara jelas dan rinci (mulai dari nama, alamat, nomor yang bisa dihubungi, dan kalau perlu surat izin usaha) yang dicantumkan di biodata halaman online yang kita buat, mulai dari lapak, situsweb atau akun sosial media. Jika identitas kita jelas, maka konsumen akan percaya bahwa bisnis kita bukanlah bisnis palsu. Selain itu, usahakan selalu menanggapi pertanyaan yang datang dari konsumen, terutama ketika bertanya tentang detail produk yang kita jual. Jangan lelah dan bosan dalam menjawab pertanyaan dari konsumen.

Bagaimana Agar Bisnis yang Dibangun Bisa Bertahan Lama?

Banyak sekali pebisnis online yang berjaya di masa-masa awal kemunculannya, namun kemudian gulung tikar dan bisnisnya tidak bisa bertahan lama. Hal tersebut terjadi karena si pebisnis tidak melakukan inovasi terkait produk yang dijualnya. Membangun bisnis terpercaya bukan hanya soal mitra dan kepercayaan konsumen, namun juga inovasi yang dilakukan. Terus perbaharuilah cara pemasaran dan produk yang dijual agar konsumen tidak bosan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *