Menghindari Informasi Terkini yang Menyesatkan di Internet

By | December 29, 2016

onlineterpercaya.com-informasi palsuPerkembangan dunia teknologi internet yang semakin pesat memang memberikan kemudahan di berbagai bidang, terutama dalam hal semakin mudahnya publik mendapatkan informasi secara cepat. Semakin mudahnya akses publik terhadap informasi dan berita melalui teknologi internet memang memberikan manfaat yang tidak sedikit dan berdampak pada berubahnya gaya hidup masyarakat dalam mengonsumsi berita. Kini, cukup dengan sekali dua kali klik, publik bisa menikmati berita yang ingin diketahuinya. Namun bukan hanya sisi positif, teknologi internet juga memiliki sisi negatif yang sangat berbahaya. Arus informasi mengalir dengan demikian deras membuat setiap konten berita yang tersebar menjadi tidak terbendung dari segi jumlah. Publik juga semakin sulit membedakan mana berita yang berkualitas dan mana informasi yang benar-benar akurat. Untuk itu, setiap pengguna internet harus melakukan proteksi secara mandiri agar terhindar dari informasi terkini yang menyesatkan.

Di internet, banyak sekali tersebar berita palsu atau yang lebih dikenal dengan istilah HOAX. Tujuan membuat atau menyebarkan berita palsu di internet sangat beragam, mulai dari mencari sensasi, untuk memfitnah seseorang, hingga untuk kepentingan mendulang uang. Terdapat banyak sekali situs atau website di internet yang dibuat untuk mencari sensasi demi mendapatkan pengunjung atau pembaca sebanyak-banyaknya sehingga website tersebut dilirik oleh agen periklanan untuk menitipkan iklan. Semakin banyak klik yang dihasilkan, maka akan semakin besar uang yang diperoleh dari iklan tersebut.

Agar terhindar dari informasi terkini yang menyesatkan, kita harus berhati-hati dan tidak menelan mentah-mentah atau percaya begitu saja terhadap berita yang disebarkan di internet, terutama oleh situs berita yang tidak dapat dipercaya, situs berita abal-abal, dan situs berita yang dibuat untuk menyebarkan propaganda tertentu. Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan memperhatikan judul beritanya. Jika judul sebuah berita mengandung unsur yang bombastis dan mendekati hal-hal yang mustahil, maka sebaiknya berita tersebut jangan diklik, karena kemungkinan besar berita tersebut mengandung unsur HOAX. Selain judul yang bombastis, media yang hanya mencari sensasi dan ingin mendulang keuntungan tidak jarang membuat judul yang memancing rasa penasaran pembaca. Misalnya dengan memotong kalimat pada judul atau membuat judul berita dengan narasi kalimat pertanyaan.

Selain memperhatikan judul berita, salah satu hal terpenting untuk mengkalisifikasikan apakah sebuah media di internet bisa dipercaya atau tidak adalah dengan melihat susunan redaksi dan identitas lengkap dari pengelola sebuah situs. Biasanya, media internet yang suka menyebarkan berita atau informasi palsu akan bersembunyi di balik identitas palsu atau anonim. Mereka sengaja menyembunyikan identitas asli mereka dengan berbagai alasan, terutama karena faktor keamanan.

Bacalah informasi terkini dari media-media online yang terpercaya saja, yang sudah terbukti kredibilitasnya dalam membuat sebuah berita. Carilah media online yang memiliki rekam jejak yang baik, yang tidak pernah menyebarkan berita palsu atau berita bohong hanya untuk mencari sensasi. Sebab membaca berita palsu sama saja dengan mengajari diri kita untuk berbohong.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *