Cara Memverifikasi Berita Terpercaya di Internet

By | January 3, 2017

onlineterpercaya.com-berita onlineTeknologi internet menawarkan cara baru dalam memperoleh berita terkini. Jika semula masyarakat lebih banyak menerima berita dengan media surat kabar dan televisi, internet memiliki berbagai media yang bisa menampung berita berupa tulisan dan gambar (video), sehingga secara substansi, media berita internet sama dengan media surat kabar dan televisi dalam hal memberikan informasi dan berita kepada masyarakat. Namun, internet menawarkan kecepatan dan kemudahan yang tidak dimiliki oleh surat kabar dan televisi. Di internet, semua orang bisa menjadi pewarta berita dan menjadi sumber berita terpercaya, sehingga berita yang ditawarkan lebih beragam dan bersumber dari lebih banyak orang.

Kemudahan dalam memberikan berita terbaru membuat setiap orang dengan bebas memposting berita, sehingga masyarakat akan sulit memilah mana berita yang kredible dan mana berita yang tidak valid. Selain itu, mudahnya membuat media berita baru di internet membuat banyak orang tidak bertanggung jawab memproduksi berita palsu untuk mempengaruhi pandangan masyarakat untuk kepentingan dan tujuan tertentu. Agar pembaca tidak terhasut oleh berita palsu di internet, berikut ini adalah cara memverifikasi berita terpercaya di internet.

Pertama, berita yang dibuat tanpa tendensi, hanya bertujuan mengabarkan kepada masyarakat tentang fakta yang benar-benar terjadi di suatu tempat. Terdapat empat kriteria berita yang mengabarkan sebuah informasi tanpa tendensi, yaitu: jujur, dapat dipercaya, menyampaikan dengan sebenar-benarnya, dan memiliki kompetensi. Dengan kata lain, media yang mengabarkan berita tersebut sangat netral dalam mengabarkan, tidak membuat berita dengan tujuan yang menghasut, melainkan hanya menyampaikan apa yang benar-benar ada dan terjadi, yang bersumber dari data yang dikemukakan oleh saksi-saksi kejadian. Berita yang dikabarkan bukanlah berita yang dibuat  untuk tujuan tertentu dan disebarluaskan demi memuluskan kepentingan tertentu.

Baca juga: Berita Terkini Yang Bisa Di Akses Di Smartphone Android

Kedua, berita yang dibuat oleh media yang profesional, yaitu media yang terdaftar dan memiliki badan hukum yang sah. Bukan hanya terdaftar secara hukum, wartawan-wartawan yang bekerja pada media tersebut sangat profesional, memahami dasar-dasar jusnalistik, dan memiliki kompetensi dalam bidangnya, sehingga berita yang ditulis atau yang dihasilkannya dapat dipertanggungjawabkan.

Ketiga, berita terpercaya harus proper, yaitu memenuhi kode etik jusnalistik. Kode etik jusnalistik yang harus dipenuhi di antaranya adalah mengutip narasumber yang kredibel atau ahli dalam bidangnya, mengambil dari sumber berita yang benar-benar menyaksikan atau memahami berita tersebut, dan menerapkan prinsip cover both sides yaitu memaparkan berita dari dua sisi, baik dari sisi pelaku atau korban, dan harus mendapat klarifikasi dari dua belah pihak dan ditayangkan secara adil dalam berita yang akan ditayangkan, sehingga pemberitaan yang dihasilkan tidak berat sebelah.

Itulah beberapa cara memverifikasi berita terpercaya dari media-media yang tersebar di internet. Membaca berita yang dapat dipercaya merupakan sebuah keniscayaan agar pembaca tidak terhasut dengan konten atau isi berita yang ditayangkan oleh situs berita abal-abal yang hanya ingin memperoleh keuntungan tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *