Belanja Online Aman Di Situs Terpercaya Bukalapak.com

By | January 4, 2017

Belanja online saat ini menjadi pilihan gaya hidup yang praktis dan efisien. Dulu, jika ingin membeli sesuatu kita harus ke luar rumah terlebih dahulu, datangi kios atau toko di daerah sekitar rumah. Sekarang, hanya di depan layar ponsel dengan sekali sentuh kita sudah bisa belanja barang yang dibutuhkan. Namun, penting untuk mengetahui situs terpercaya yang menjamin keamanan bertransaksi.

Sudah bukan rahasia lagi, semakin banyaknya orang yang melakukan belanja online dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab melakukan penipuan. Hal tersebut membuat para calon konsumen gusar dan ragu. Mereka berpikir dua kali ketika hendak beli barang secara online.

Padahal ada banyak keuntungan belanja secara online, salah satunya dari segi efektivitas waktu dan biaya. Anda tidak perlu pergi ke toko untuk membeli barang yang Anda butuhkan, tentu saja hal ini lebih menghemat waktu dan biaya.

Agar terhindar dari penipuan online, sebaiknya ikuti tips mengenali situs terpercaya yang kami rangkum dalam tiga poin berikut ini:

Teliti Sebelum Membeli

Agar Anda tidak terkena penipuan, pertama-tama ketahui dengan siapa Anda bertransaksi. Jangan terburu-buru memesan barang, teliti dengan membaca informasi mengenai data penjual yang ada di website toko online. Dalam hal ini Anda bisa meneliti no telepon yang bisa dihubungi, alamat toko yang bisa dikunjungi, PIN BB, email, akun sosial media yang mereka gunakan untuk promosu.

Pelayanan Costumer Service

Situs terpercaya baisanya memiliki customer service yang setiap saat bisa dihubungi. Fungsi customer service adalah memberikan pelayanan konsumen berhubungan dengan informasi yang mereka butuhkan. Agar terhindar dari kedok penipuan, ada baiknya jika Anda menanyakan dengan siapa Anda berbicara dan segera catat nomor telephone yang digunakan.

Perhatikan Sistem Pembayarannya

Selain mempelajari informasi lengkap mengenai data penjualnya, penting juga memperhatikan detail sistem pembayaran. Biasanya toko online menggunakan standar bank nasional seperti: Bank Mandiri, BNI, BRI atau BCA. Untuk pembayaran diluar transaksi pembayaran biasanya menggunakan paypay atau cash on delivery (COD).

Metode pembayaran yang aman sudah seharusnya diterapkan demi kenyamanan konsumen. Salah satu metode pembayaran yang aman adalah metode marketplace yang dilakukan oleh bukalapak.com.

Seperti yang sudah kita ketahui, situs jual beli Bukalapak menggunakan sistem pembayaran escrow yaitu adanya rekening penengah antara penjual dan pembeli. Rekening penengah tersebut dapat menghidari hal-hal yang tidak diinginkan, yang dapat merugikan kedua belah pihak. Mekanisme pembayaran escrow adalah uang akan dikembalikan kepada pembeli jika barang yang dipesan tidak kunjung datang dalam waktu 4 hari.

Tips terakhir yang tidak kalah penting adalah jangan langsung mentransfer uang, sebelum yakin apakan toko online di situs terpercaya tersebut memiliki kredibilitas atau tidak. Dengan mengikuti poin tips yang sudah disebutkan, diharapkan kita dapat terhindar dari modus penipuan belanja online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *