Jenis Usaha Online yang Bisa Dijalankan Mahasiswa

By | January 6, 2017

Menjadi mahasiswa barangkali merupakan posisi yang serba salah. Ingin berbisnis namun khawatir kewajibannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi akan terbengkalai, namun jika hanya fokus pada studi merasa terlalu membebani orang tua karena belum bisa mendapatkan penghasilan sendiri. Bagi mahasiswa yang ingin mendapat penghasilan tanpa meninggalkan kewajiban studi, cara paling mudah adalah dengan menjalankan bisnis atau usaha sampingan, yaitu bekerja paruh waktu di sela-sela jam kosong perkuliahan, yaitu setelah pulang kuliah atau ketika kuliah sedang libur. Banyak sekali jenis usaha yang bisa dijadikan pekerjaan sampingan oleh mahasiswa, salah satunya adalah usaha online, yaitu usaha dengan berbasis internet, misalnya dengan berjualan secara online di internet atau membuka berbagai layanan jasa di internet sesuai dengan kemampuannya sebagai mahasiswa. Berikut ini adalah beberapa jenis usaha di internet yang bisa dijalankan oleh mahasiswa.

  • Jualan Buku Online

Buku merupakan jenis barang dagangan yang cocok untuk mahasiswa. Berjualan buku bisa dijadikan salah satu jenis usaha online untuk memperoleh keuntungan. Mahasiswa bisa mencari buku-buku yang dijual diskon di berbagai toko buku murah atau bisa juga membelinya dari penerbitnya langsung, yang tentu harganya jauh lebih murah, kemudian menjualnya di internet dengan harga normal. Dengan menjual buku, mahasiswa akan tahu berbagai jenis buku yang sedang laris di pasaran. Selain itu, mahasiswa juga bisa membaca berbagai jenis atau tema buku yang merupakan barang dagangannya untuk mendapatkan ilmu. Jadi, selain mendapatkan penghasilan uang tambahan, mahasiswa juga bisa memperoleh ilmu tambahan dengan berjualan buku. Jikalau buku yang diperdagangkannya tersebut ada yang tidak laku, buku tersebut masih bisa digunakan sebagai bahan kajian ketika akan mengerjakan skripsi nanti. Bagi mahasiswa, berjualan buku secara online adalah jenis usaha yang insya Allah tidak akan rugi.

  • Jasa Menulis di Internet

Bagi sebagian mahasiswa, menulis mungkin merupakan rutinitas, sebab di kampus biasanya tuga yang diberikan oleh dosen selalu berkaitan dengan kemampuan menulis, mulai dari membuat makalah, membuat laporan penelitian secara tertulis, dan bahkan tugas akhir yaitu skripsi sangat berkaitan dengan kecakapan menulis. Menulis merupakan hal yang biasa bagi mahasiswa, dan merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki. Dengan kemampuan menulis tersebut, mahasiswa bisa membuka layanan jasa menulis di internet, misalnya dengan menawarkan jasa membuat laporan dan semacamnya.

Jasa menulis yang paling banyak dibutuhkan di internet adalah jasa penulisan artikel. Berbagai agensi naskah dan berbagai situs internet membutuhkan banyak penulis untuk memenuhi target postingan di situs web yang mereka kelola. Mengajukan diri menjadi penulis artikel ke berbagai agensi naskah yang infonya bisa diperoleh di internet merupakan jenis usaha online yang perlu dijajal oleh mahasiswa. Selain penghasilannya sangat lumayan, dengan menulis artikel mahasiswa akan terbiasa mengolah data, sehingga kelak jika sudah harus mengerjakan tugas akhir mahasiswa akan mudah dalam mengolah data sebab sudah terbiasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *