Tips Bisnis Online Bagi Pemula

By | January 9, 2017

Berbisnis di internet kini banyak dilakoni oleh sebagian besar pebisnis sebab konsumen bidang bisnis ini terus meningkat dari tahun ke tahun. Data yang dirilis oleh berbagai e-commerce Indonesia menunjukkan bahwa jumlah transaksi di berbagai toko online mengalami peningkatan yang signifikan setiap tahunnya. Terhitung sejak tahun 2012, jumlah peningkatan transaksi jual beli online rata-rata mencapai 8%, dan diperkirakan tahun depan akan mencapai angka dua digit atau minimal 10%. Data ini menunjukkan bahwa berbisnis dengan jalur online merupakan bisnis yang menjanjikan. Memulai bisnis online di tahun 2017 sama sekali tidak terlambat bagi pebisnis online pemula yang ingin coba-coba atau menjajal keuntungan dalam bisnis berbasis internet ini. Berikut ini adalah beberapa tips bisnis online bagi pemula yang ingin menggeluti dunia bisnis secara online.

  • Memilih Media Paling Tepat

Terdapat banyak sekali media jual beli di internet, mulai dari media sosial seperti facebook, instagram, dll, atau media situs web jual beli online yang menyediakan lapak-lapak gratis bagi pedagang online. Sebelum menentukan media yang akan dipilih, ada baiknya untuk menentukan barang yang akan dijualnya terlebih dahulu, sebab setiap barang memiliki pangsa pasar konsumennya masing-masing. Misalnya jika akan menjual fashion terbaru secara online, maka pangsa pasar yang paling besar adalah anak muda atau usia di bawah 40-an tahun. Media yang paling tepat untuk berjual beli online adalah media sosial karena mayoritas pengguna media sosial adalah anak-anak muda. Namun jika barang yang dijual belikan adalah alat-alat rumah tangga atau barang elektronik, maka media yang paling tepat adalah situs web yang menyediakan lapak gratis. Dengan memilih media yang tepat, maka proses pemasaran atau promosi produk akan lebih tepat sasaran.

Baca juga: Jenis Usaha Online yang Bisa Dijalankan Mahasiswa

  • Melakukan Promosi

Sebagai toko online yang baru, salah satu tips bisnis online yang paling efektif adalah melakukan promomosi, yaitu memperkenalkan toko online yang Anda miliki, misalnya dengan menyebarkan poster-poster menarik berupa gambar di berbagai media sosial untuk menarik perhatian calon pembeli atau setidaknya nama toko kita melekat di benak pengguna internet. Buatkah poster semenarik mungkin, dengan gambar yang menarik dan tulisan yang memantik rasa penasaran publik, agar mereka mau mengunjungi toko online yang baru Anda buat. Bagi toko online yang baru dirintis, kunjungan calon pembeli merupakan profit yang cukup besar sebab dari pengunjung-pengunjung paling awal itu, Anda akan mendapatkan pembeli pertama.

  • Memberikan Bonus Tertentu

Selain promosi harga misalnya dengan memberikan harga lebih murah dari toko online lainnya, bonus-bonus tertentu merupakan tips bisnis online yang cukup efektif, misalnya memberikan bonus kalender atau souvenir bagi 50 orang pertama yang membeli produk di toko online yang baru Anda rintis tersebut. Tanpa ada inovasi dan gebrakan seperti mengadakan promo yang menarik, pembeli akan cenderung mengabaikan toko-toko online baru sebab mungkin mereka sudah memiliki toko online langganan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *