Tips Belanja Online Yang Aman Dan Terhindar Dari Penipuan

By | January 12, 2017

Belanja online saat ini menjadi salah satu gaya hidup yang sedang trand dikalangan masyarakat. Belanja online dijadikan solusi terutama bagi mereka yang memiliki kesibukan dan mobilitas yang sangat tinggi. Dalam artikel ini kita akan membahas tips belanja online agar terhidar dari modus penipuan.

Sudah bukan rahasia lagi, jika akan belanja online dibutuhkan ketelitian dan hati-hati memilih toko online. Saat semakin banyak orang yang memilih belanja online dan diikuti oleh semakin banyaknya toko online, tidak sedikit orang yang tidak bertanggung jawab mengambil keuntungan dengan cara yang tidak baik. Oleh sebab itu, sebaiknya sebelum Anda belanja online ikuti tips belanja online berikut ini agar Anda terhindar dari penipuan.

Pilih Situs Belanja Online Yang Terpercaya

Langkah pertama yang penting untuk dipertimbangkan jika belanja online adalah pastikan situs yang Anda pilih adalah situs yang terpercaya dan memiliki kredibilitas. Untuk mengetahui apakah situs tersebut terpercaya atau tidak, caranya bisa mencari informasi yang berhubungan dengan situs belanaj online. Bisa melalui review atau bertanya kepada teman, saudara yang pernah bertransaksi atau belanja di toko online tersebut.

Baca Dengan Teliti Seperti Apa Kebijakan Situs

Setiap situs memiliki kebijakannya masing-masing dan tidak semua situs memiliki kebijakan yang sama dengan situs lainnya. Jadi sebelum Anda memutuskan belanja di situs online sebaiknya baca dengan teliti apa saja kebijakan yang ditetapkan oleh mereka. Misalnya dalam sistem pembayaran, pengiriman baram, garansi barang sampai jika terjadi masalah, contohnya: barang yang dikirim tidak sesuai dengan pemesanan dsb.

Pastikan kebijakan yang mereka tawarkan tidak merugikan Anda sebagai konsumen. Dan yang tidak kalah penting pastikan situs menjaga data-data Anda. Artinya data Anda tidak disebarluaskan. Apabila kebijakannya merugikan konsumen, sebaiknya tunda belanja di toko online tersebut dan cari toko online lainnya yang kebijakannya tidak merugikan Anda.

Jangan Mudah Terpengaruh Dengan Harga Murah

Barang yang dihargai murah bisa menjadi daya tarik untuk membelinya. Wajar saja, sebagai konsumen tentu menginginkan barang yang berkualitas dengan harga murah. Namun pastikan harga yang ditawarkan masuk akal. Jika harga yang ditawarkan tidak masuk akal sebaiknya tunda membeli barang tersebut karena bisa saja produk yang dijual palsu atau menjadi bagian dari modus penipuan.

Oleh sebab itu, sebelum belanja online ada baiknya Anda mencari informasi mengenai kisaran harga barang atau produk yang di jual dipasaran.

Baca Deskripsi Atau Keterangan Produk

Tips belanja online yang terakhir adalah teliti dalam hal membaca keterangan produk yang akan dibeli. Jangan sampai karena Anda malas membaca keterangan produk malah mendapatkan barang yang tidak sesuai dengan keinginan. Jika ada keterangan yang tidak jelas, jangan malu untuk bertanya hal-hal yang berkaitan dengan produk ke penjual. Dengan demikian belanja online menjadi aman dan menyenangkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *