Tips Membangun Bisnis Terpercaya Ala Bob Sadino

By | January 18, 2017

Jika harus menyebut satu nama pebisnis legendaris Indonesia, maka jawaban kebanyakan orang tidak akan jauh dari nama Bob Sadino. Pebisnis, pengusaha, sekaligus motivator yang satu ini memang dikenal sebagai orang yang sukses membangun kerajaan bisnisnya. Tidak hanya dikenal sebagai pengusaha sukses, Bob Sadino juga dikenal sebagai pengusaha yang kerap tampil nyentrik dan seiring melakukan hal-hal di luar dugaan ketika menjalankan bisnisnya. Pengusaha bernama asli Bambang Mustari Sadino ini dikenal menjalankan strategi “Gila” dalam menjalankan roda bisnisnya. Justru kebiasaan nyentiknya itulah yang membuat banyak orang termotivasi. Berikut ini adalah beberapa tips membangun bisnis terpercaya ala Bob Sadino.

Menjadi Diri Sendiri

Seorang pebisnis, terutama pebisnis pemula, umumnya akan meniru gaya berbisnis pebisnis lainnya yang lebih dulu mendulang sukses. Mempelajari kiat-kiat sukses pebisnis dan menirunya memang tidak salah. Namun, hal tersebut tidak akan membuat seseorang lebih sukses dari panutannya. Setiap orang, menurut Bob Sadino memiliki keunggulannya masing-masing. Bisnis bukan soal sekadar hitung-hitungan dan berspekulasi mengenai untung dan rugi. Dunia bisnis lebih dari itu. Yang membuat calon relasi mau mempercayakan bisnisnya atau mau menjalin kerja sama dengan seseorang bukan hanya soal keuntungan yang mungkin akan didapat, melainkan dari attitude dan karakter calon relasinya. Oleh karena itulah, Bob Sadino menyarankan setiap pebisnis untuk menjadi diri sendiri. Dalam sebuah wawancara, Bob Sadino menuturkan bahwa dirinya tidak pernah mau membagikan kunci sukses bisnisnya secara detail, karena setiap orang memiliki karakter masing-masing.

Baca juga:Kumpulan Tips Bisnis Terbaik

Jangan Pebisnis yang Perhitungan

Salah satu kunci sukses Bob Sadino dalam membangun bisnis terpercaya adalah tidak perhitungan, baik kepada relasi bisnis maupun kepada orang-orang di sekelilingnya. Bisnis, pada dasarnya memang terkait dengan uang dan hitungan untung dan rugi. Namun bagi Bob Sadino, terlalu perhitungan justru akan membuat seseorang tertekan oleh target tertentu dan bahkan bisa memunculkan sifat pelit. Sifat terlalu perhitungan justru akan membuat relasi tidak nyaman, karena setiap hal harus dihitung dan diperhitungkan, seakan tidak percaya dan tidak mau berbagi dengan orang lain. Menurut Bob Sadino, “Kelemahan pebisnis adalah terlalu banyak mikir dan perhitungan, sehingga tidak bisa segera melangkah. Padahal, yang paling penting dari bisnis adalah action.”

Jangan Pernah Merasa Lebih dan Unggul

Salah satu kelemahan lain yang dimiliki oleh pebisnis adalah sifat merasa lebih dan merasa unggul dibandingkan dengan orang lain. Sedikit kesuksesan dan keuntungan seringkali membuat seorang pebisnis merasa jumawa. Padahal, sikap tersebut justru akan membuat seseorang berjarak dengan orang lain, termasuk dengan pegawai dan relasi bisnisnya. Bagi Bob Sadino, pebisnis hanyalah orang biasa. Sudah seharusnya pebisnis menjalankan hidup sederhana dan bergaul dengan orang lain, termasuk dengan pegawai yang pangkatnya lebih rendah.

Itulah beberapa tips bisnis terpercaya ala Bob Sadino. Jika seraong pebisnis bisa menjadi diri sendiri dan selalu berusaha menempatkan dirinya setara dengan orang lain, maka kepercayaan orang lain akan tumbuh.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *