Kiat Membedakan Situs Terpercaya dan Situs Berita Palsu

By | January 20, 2017

Teknologi internet yang semakin berkembang membuat arus informasi semakin deras. Di antara dampak dari perkembangan internet, masyarakat semakin mudah dalam memperoleh berita, tidak hanya itu, informasi kini datang dari berbagai penjuru, dengan beragam versi dan sudut pandang, sehingga masyarakat memiliki banyak pilihan untuk menyerap informasi yang dibutuhkannya. Sayangnya, tidak semua informasi dan berita di internet berisi tentang fakta atau kebenaran, melainkan juga penuh dengan berita bohong dan fitnah. Antara kebenaran dan kebohongan sudah semakin sulit dibedakan. Masyarakat harus memiliki sistem proteksi tersendiri dalam mengkonsumsi berita atau tulisan di internet agar tidak terhasut oleh fitnah dan berita bohong yang tentu bisa menghasut masyarakat dan berdampak buruk bagi kehidupan. Untuk mendeteksi validitas sebuah berita dan informasi, pembaca harus mencari tahu kredibilitas narasumber atau situs yang menayangkan berita tersebut. Berikut ini adalah kiat membedakan situs terpercaya dan situs berita palsu di internet.

  • Melihat Tampilan dan Domainnya

Cara paling mudah untuk membedakan situs terpercaya dan situs yang suka menayangkan berita palsu di internet adalah dengan melihat dampilan dan domainnya. Situs berita palsu, yang dikelola oleh segelintir orang, umumnya memiliki tampilan yang alakadarnya, tidak menunjukkan bahwa situs tersebut merupakan situs berita terkemuka yang dikelola secara profesional. Bahkan, seringkali situs di internet tersebut mengandalkan domain (alamat website) yang gratisan, seperti wordpress, blogspot, dan domain gratisan lainnya. Media berita yang kredibel tentu akan mengelola situs webnya dengan profesional, dengan tampilan yang layak dan menggunakan domain berbayar pula.

Baca juga: Mengenal Kriteria Berita Online yang Mengandung Hoax

  • Memperhatikan Identitas Redaksi

Sebuah situs berita yang dapat dipercaya, akan bertanggung jawab atas setiap apa yang diberitakannya. Bentuk tanggung jawab yang paling sederhana adalah dengan mencantumkan identitas redaksi, mencantumkan alamat yang jelas, surat izin sebagai media berita, dan bahkan mencantumkan nomor kontak yang bisa dihubungi. Sebaliknya, situs berita palsu umumnya menggunakan siasat “lempar baru sembunyi tangan”, hanya menyebarkan isu-isu tertentu yang mengandung fitnah dan kebohongan, namun mereka tidak pernah menunjukkan identitas mereka, bahkan sekadar alamat email pun tidak. Media yang tidak kredibel terkesan tertutup dan menyembunyikan identitasnya, sebab mereka khawatir jika menunjukkan identitasnya, mereka akan dilaporkan ke pihak berwajib atas tuduhan membuat berita bohong.

  • Isi Berita yang Bombastis

Sebuah situs berita harus memposisikan dirinya sebagai penengah atau pihak yang netral, tidak berpihak pada salah satu kubu. Situs terpercaya, biasanya akan menjunjung tinggi kode etik jurnalistik, misalnya selalu bersikap netral, menerapkan cover both sides atau memfasilitasi semua pihak untuk mengemukakan pendapat atau pembelaannya, dan menyampaikan berita dengan apa adanya. Sebaliknya, situs berita palsu umumnya akan berat sebelah dalam pemberitaannya, bahkan terkesan bombastis dalam memberikan sebuah informasi, misalnya dengan membuat judul yang penuh hasutan, gaya penulisan yang provokatif, dan cenderung memberi bumbu yang tidak ada kaitannya dengan apa yang akan diberitakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *