Kiat Membangun Toko Terpercaya di Dunia Online

By | January 26, 2017

Perkembangan di dunia bisnis yang cukup pesat belakangan ini mulai menyasar dunia daring atau internet. Perkembangan teknologi internet semakin memudahkan pebisnis dalam melebarkan usahanya dalam melakukan promosi produk di internet. Tidak hanya dimanfaatkan sebagai media dalam menyebarkan iklan, kini internet juga dijadikan tempat berjualan dengan membuka toko online. Peminat pembeli di toko online terus meningkat setiap tahunnya seiring dengan semakin banyaknya pengguna internet yang sadar akan kemudahan yang ditawarkan dari berbelanja online dan semakin besarnya kepercayaan pengguna internet akan kegiatan belanja online. Menurut data yang dirilis oleh berbagai toko daring, jumlah transaksi jual-beli di internet terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, dengan presentasi peningkatan rata-rata 8% setiap tahunnya. Tidak heran jika saat ini banyak pebisnis yang melirik untuk beralih ke bisnis online. Namun pada kenyataannya, membangun bisnis online bukanlah perkara yang mudah, terutama dalam membangun kepercayaan di mata calon konsumen. Berikut ini adalah beberapa kiat membangun toko terpercaya di dunia online.

Mencantumkan Identitas yang Jelas

Salah satu hal terpenting untuk membangun kepercayaan konsumen di dunia maya adalah dengan mencantumkan identitas sejelas-jelasnya. Identitas penjual, dalam hal ini orang yang menjalankan bisnis online, harus ditulis secara lengkap, mulai dari nama (baik nama perusahaan, nama toko, atau nama pemilik toko), alamat lengkap, keterangan identitas (bisa foto kopi KTP atau surat izin usaha), dan nomor yang bisa dihubungi. Dengan mencantumkan identitas yang jelas, maka calon konsumen akan percaya bahwa toko online yang sedang Anda jalankan adalah toko terpercaya, bukan toko online yang dibuat untuk modus penipuan.

Jangan Mengecewakan Konsumen

Orang yang gemar berbelanja di toko online atau toko daring memiliki kecenderungan berbeda dibandingkan dengan toko luring. Pembeli di toko online mengandalkan kepercayaan. Sekali pembeli dikecewakan, maka pembeli tersebut akan enggan berbelanja di toko online yang sama, sebab di internet terdapat ribuan orang yang juga membuka toko online. Jagalah kepercayaan konsumen dengan memberikan pelayanan terbaik, jujur dalam mencantumkan spesifikasi dan keterangan barang yang akan dijual, mencantumkan foto asli barang tersebut, dan mengirimkan barang pesanan sesuai dengan apa yang dipesan, baik dari segi jenis hingga warna dan ukuran.

Selain jujur, pelayanan terhadap konsumen harus baik dan ramah. Jawablah setiap pertanyaan konsumen dengan baik dan jelas, jangan mengabaikan pertanyaan konsumen meski sesepele apapun. Jika ada komplain, atasi persoalan tersebut secara jujur dan terbuka. Konsumen yang berbelanja online tidak akan suka dengan jawaban yang berbelit-belit apalagi berkelit.

Membangun kepercayaan ketika menjalankan bisnis online bisa dimulai dari hal-hal yang sederhana, misalnya dengan melayani dengan ramah setiap pertanyaan dan menyampaikan terima kasih setiap ada orang yang berbelanja. Membangun toko terpercaya di dunia maya memang mudah, namun jika kepercayaan itu sudah didapat, maka keuntungan yang besar akan diraih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *