3 Alasan Mengapa Harus Merintis Usaha Online

By | February 2, 2017

Pepatah Latin mengungkapkan: waktu berubah, dan kita pun berubah di dalamnya. Manusia akan selalu berubah mengikuti pergerakan waktu. Dan setiap waktu atau masa, selalu ditandai dengan perubahan-perubahan. Gaya hidup manusia berubah dari waktu ke waktu, sesuatu yang semula dianggap pencapaian terbaik dan penemuan terbaru akan digeser dan diganti oleh pencapaian lain yang lebih baik dan penemuan terbaru yang lebih canggih. Salah satu contoh perubahan yang mempengaruhi kehidupan manusia adalah teknologi. Semakin teknologi berkembang, semakin berubah pula kebiasaan manusia. Pekerjaan yang semula dilakukan secara manual dengan mengandalkan tenaga manusia, perlahan-lahan tergantikan oleh teknologi. Teknologi internet, misalnya, membuat pekerjaan manusia menjadi lebih mudah, terutama dalam mengakses informasi. Tidak hanya dalam hal informasi, beberapa kebutuhan pokok manusia seperti berbelanja pun ikut berubah seiring perkembangan internet. Saat ini, mulai banyak pedagang yang beralih dari usaha luring atau bisnis konvensional ke bisnis daring atau usaha online dengan mengandalkan teknologi internet.

Teknologi internet memberikan banyak manfaat dan keuntungan bagi para pebisnis. Tidak heran jika saat ini banyak pebisnis yang mulai merintis usaha online. Selain lebih efektif dan relatif lebih mudah, merintis usaha dengan mengandalkan teknologi internet modalnya juga jauh lebih murah, terutama dalam hal marketing produk. Berikut ini adalah tiga alasan mengapa merintis bisnis online harus dilakukan.

  1. Lebih Efektif

Teknologi internet mengandalkan kecepatan dan cenderung instan. Setiap informasi yang diunggah ke internet akan lebih mudah tersebar. Internet merupakan media paling tepat untuk menyebarkan produk terbaru sebab lebih efektif dibandingkan media lainnya. Cukup dengan menyebarkan informasi, misalnya dengan foto poster produk yang akan dijual di berbagai situs gratis, maka informasi tentang produk tersebut akan langsung diterima oleh jutaan pengguna internet yang mengakses situs gratis tersebut. Jika poster atau foto produk dibuat semenarik mungkin, maka kemungkinan produk tersebut akan dilirik calon konsumen akan semakin besar.

  1. Lebih Hemat Beaya

Di internet, banyak sekali situs-situs yang bisa diakses dengan gratis tanpa beaya. Situs-situs gratis tersebut, misalnya media sosial atau website, bisa dimanfaatkan sebagai media promosi atau memperkenalkan produk. Jika mempromosikan produk di media seperti televisi atau media cetak harus mengeluarkan banyak beaya, di internet, semua bisa dilakukan dengan gratis.

  1. Menghemat Tenaga

Masih beranggapan bahwa marketing dengan metode door to door atau menyebarkan selebaran adalah cara yang efektif? Tinggalkanlah cara-cara kuno dalam memasarkan produk dan mencari pelanggan yang cenderung menguras tenaga tersebut. Di internet, cukup dengan beberapa kali menggerakkan tangan, informasi yang ingin Anda sampaikan akan tersebar dengan cepat. Tidak perlu keluar rumah bahkan berkeringat, jutaan pengguna internet lainnya akan mengenali produk usaha online yang Anda rintis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *