Berbagai Keuntungan Menjual Produk di Situs Belanja Online

By | February 3, 2017

Perubahan zaman membawa perubahan bagi kebiasaan manusia. Jika semula setiap orang harus pergi ke luar rumah dan datang ke toko-toko terdekat untuk berbelanja memenuhi kebutuhan sehari-harinya, kini dengan adanya teknologi internet kebiasaan manusia mulai berubah. Saat ini orang-orang yang melek internet cenderung memilih berbelanja di internet dan mencari informasi mengenai berbagai produk di internet, sehingga jika pebisnis tidak memperkenalkan produk bisnisnya melalui internet, bisnisnya tidak akan dikenal. Salah satu cara paling mudah dalam merintis bisnis online adalah memanfaatkan lapak-lapak gratis di berbagai situs belanja online, yaitu situs khusus jual beli yang dikelola oleh perusahaan e-commerce yang fungsinya kurang lebih seperti mall di internet yang menampung berbagai toko di dalamnya. Banyak sekali situs jual beli online yang menyediakan lapak atau toko online secara gratis, sehingga memberikan banyak keuntungan bagi pebisnis. Berikut ini adalah beberapa keuntungan menjual produk di berbagai lapak yang disediakan oleh situs jual beli online.

  1. Gratis

Jika pebisnis ingin menggunakan toko atau lapak di sebuah mall, maka ia harus membayar uang sewa yang jumlahnya tentu cukup besar, apalagi jika mall tersebut merupakan mall terkemuka. Namun, mahalnya beaya sewa sebagaimana yang terjadi jika menyewa toko di sebuah mall tidak akan dialami oleh pebisnis online yang memanfaatkan berbagai situs belanja online untuk menjual produk-produknya. Banyak sekali situs yang menyediakan lapak-lapak gratis untuk berjualan, seorang pedagang online cukup mendaftar dan menuliskan identitasnya secara jelas dan lengkap, kemudian jika sudah terdaftar barulah ia bisa memposting berbagai informasi mengenai produk yang akan dijualnya, mulai dari gambar barang, harga, kondisi barang, dan informasi lainnya. Dengan memanfaatkan berbagai situs jual beli onliner tersebut, seorang pedagang online tidak perlu mengeluarkan beaya sewa bulanan, sebab semua fasilitas tersebut tersedia dengan gratis.

Baca juga: 5 Situs Dan Aplikasi Web Terbaik Untuk Membuat Toko Online

  1. Sudah Memiliki Banyak Pengunjung

Banyak pedagang online yang memilih membuat situs atau website khusus untuk menjual produknya. Imbasnya, ia harus melakukan promosi situs tersebut agar memiliki banyak pengunjung sehingga calon pembeli bisa melihat berbagai produk dagangannya di situs atau website tersebut. Cara seperti ini tentu kurang efektif, sebab selain harus mempromosikan websitenya, ia juga harus mempromosikan berbagai produk dagangannya, tidak ubahnya seperti mengajak orang-orang untuk datang ke toko yang dibuatnya sendiri, dan kemudian masih harus meyakinkan pengunjung toko untuk membeli berbagai barang yang dijualnya. Hal tersebut tentu tidak akan terjadi jika memanfaatkan berbagai situs jual beli online. Umumnya, situs jual beli online sudah memiliki banyak pengunjung.

  1. Lebih Efektif dan Mudah

Berbagai situs belanja online umumnya sudah mendesain website mereka sedemikian rupa agar menjadi tempat yang nyaman untuk berbelanja, misalnya menyediakan kolom foto, keterangan barang, dan nomor kontak penjual dengan sangat rapi. Hal tersebut tentu sangat efektif dan memudahkan pedagang online, sehingga ia tidak perlu mendesain tampilan lapaknya yang tentu akan menguras waktu dan tenaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *