Tips Memilih Situs Terpercaya untuk Mencari Lowongan Pekerjaan

By | February 9, 2017

Mencari pekerjaan saat ini tidaklah mudah, tingginya jumlah angkatan kerja tidak sebanding dengan jumlah lowongan kerja yang sedikit, sehingga akhirnya memunculkan banyak pengangguran. Jika dulu untuk mencari lowongan pekerjaan harus mencari di lembaran koran, akan tetapi sekarang cukup dengan mengunjungi situs terpercaya di internet untuk mencari lowongan pekerjaan.

Saat ini memang banyak situs di internet yang menyediakan info mengenai lowongan pekerjaan. Akan tetapi, tak sedikit situs info lowongan kerja yang isinya abal-abal, bahkan tak jarang berisi penipuan. Hal ini memang kerap terjadi di dunia internet, terlebih saat ini sangatlah mudah bagi setiap orang untuk membuat sebuah situs atau website.

Oleh karena itu, bagi masyarakat yang mencari info mengenai lowongan pekerjaan haruslah aktif untuk menelusuri situs terpercaya agar tidak mudah tertipu dengan info lowongan kerja yang sifatnya hoax atau bohong. Lalu bagaimana caranya memilih situs lowongan kerja yang terpercaya?:

Mencantumkan Syarat dan Ketentuan yang Jelas

Situs lowongan kerja yang terpercaya tentunya akan mencantumkan syarat, ketentuan, serta jaminan bagi para pengguna jasanya bahwa apa yang dicantumkan bukanlah hoax.

Baca Syarat dan Ketentuan Secara Seksama

Ketika membaca ketentuan dalam sebuah situs lowongan kerja, baca dengan teliti serta hati-hati dan jangan terburu-buru. Apabila kemudian ditemukan jaminan yang memiliki keamanan serta kerahasiaan data, maka sebaiknya cari situs lainnya.

Tanpa Pungutan Biaya

Situs lowongan kerja yang terpercaya tidaklah memungut biaya bagi pelamar yang sedang mencari pekerjaan. Oleh karena itu, apabila situs tersebut meminta sejumlah uang kepada calon pelamar, maka bisa dipastikan jika situs tersebut adalah abal-abal. Saat ini banyak orang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan pekerjaan, sehingga mudah ditipu. Oleh karena itu apabila mendapati situs pekerjaan yang meminta sejumlah uang sebaiknya dihindari.

Profil Perusahaan Pemasang Iklan

Untuk melihat profesionalisme sebuah situs lowongan kerja adalah dengan melihat profil perusahaan yang memasang iklan lowongan kerja di situs tersebut sehingga hal tersebut bisa menjadi tolak ukur situs yang terpercaya. Perusahaan yang bonafide biasanya akan memasang lowongan di situs yang bonafide pula.

Testimoni Pengguna Jasa

Lihat testimoni perusahaan atau pencari kerja yang sudah menggunakan jasa situs lowongan kerja tersebut. Dari testimoni akan terlihat apakah situs tersebut memang bisa dipercaya ataukah tidak.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencari situs terpercaya tentang info lowongan pekerjaan. Mencari situs lowongan pekerjaan yang terpercaya sangatlah penting karena bisa menghindarkan pencari kerja dari segala resiko mengenai tindakan tidak bertanggung jawab berupa permintaan sejumlah uang atau penyalahgunaan data. Dengan mencari lowongan pekerjaan di situs yang terpercaya, bisa dipastikan akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan sesuai dengan yang diinginkan, tentunya asalkan memenuhi syarat calon karyawan dari perusahaan yang dituju.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *