Tips Memilih Toko Terpercaya di Dunia Maya

By | February 10, 2017

Berbelanja online memang menjadi tren sekarang ini, dengan alasan mudah dan cepat membuat banyak orang yang lebih suka belanja di toko dunia maya. Toko-toko online pun menjamur dan jumlahnya meningkat drastis. Akan tetapi bagi pelanggan toko online harus berhati-hati karena tak sedikit toko online yang melakukan penipuan pada pelanggannya. Oleh karena itu, berikut ini adalah tips yang bisa dilakukan untuk memilih toko terpercaya di dunia maya:

Perhatikan Profil Toko Online

Saat ingin belanja di dunia maya, hal pertama yang harus dilakukan adalah memperhatikan profil toko online. Apabila toko online tersebut menggunakan website, maka periksa halaman ‘Tentang Kami’ kemudian lihat nama pemilik, alamat, dan lain sebagainya. Toko terpercaya di dunia maya biasanya tak akan ragu untuk menulis mengenai informasi toko. Apabila ingin lebih memilih toko yang terpercaya, cari toko online yang juga punya alamat offline sehingga hal ini menjadi pertimbangan apabila terjadi sesuatu terhadap barang yang dibeli bisa komplain langsung ke alamat offline yang ada.  

Contact Person

Toko online yang terpercaya biasanya akan mencantumkan nomor telepon atau pin BB, serta yahoo messenger untuk lebih memudahkan konsumen berhubungan dengan pemilik atau admin toko online. Adanya kontak ini akan memudahkan konsumen untuk bertanya seputar produk.

Rajin Up Date

Toko online yang profesional tentunya akan rajin update barang. Sama halnya ketika membuka toko di dunia nyata, dimana pemiliknya harus mengganti barang di etalase secara berkala, serta memajang barang-barang yang tersedia di toko tersebut. Rajin update di toko online tentunya menunjukkan keseriusan serta profesionalitas toko online tersebut.

Baca juga: 5 Situs Dan Aplikasi Web Terbaik Untuk Membuat Toko Online

Amati Halaman Fans Page

Toko online profesional biasanya juga memiliki halaman fans page di facebook. Tak ada salahnya untuk mengikuti halaman FP ini agar semakin mengetahui bagaiman pelayanan toko online tersebut pada konsumen, bisa dilihat dari jawaban toko online atas pertanyaan konsumen, juga bisa dilihat dari jumlah like pda fanspage tersebut.  

Testimoni Konsumen

Saat memilih toko online, perhatikan pula testimoni para konsumen mengenai toko online tersebut, baik itu dari testimoni segi pelayanannya, testimoni mengenai pengiriman barangnya, juga yang terpenting adalah testimoni mengenai barangnya, apakah berkualitas ataukah tidak, dan apakah produk yang dikirimkan kepada pelanggan sesuai dengan yang tercantum di halaman toko online. Apabila tesimoni dan komentar para konsumen atau pelanggan terbilang bagus, maka bisa dipastikan jika toko online tersebut memang bisa dipercaya dan tak ada salahnya untuk berbelanja di toko tersebut.   

Itulah beberapa tips yang bisa dipraktekkan untuk memilih toko terpercaya di dunia maya. Meski terkesan ribet, akan tetapi hal ini tentunya perlu dilakukan untuk mencegah penipuan toko online yang saat ini banyak terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *