Tips Belanja Online dari Situs Luar Negeri

By | February 15, 2017

Adanya internet memang mempermudah aktifitas manusia, salah satunya ketika berbelanja online. Para konsumen pun kini bisa bebas membeli barang via internet, tak hanya antar kota atau antar pulau, tapi bisa juga antar negara karena kini tak sedikit msyarakat Indonesia yang membeli barang dari situs-situs online yang ada di luar negeri. Bagi yang masih bingung dan sebagai langkah untuk berhati-hati, berikut ini adalah tips belanja online dari situs luar negeri dengan aman dan nyaman:

Pilih Situs Terpercaya

Saat ingin belanja online dari situs luar negeri, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan memilih situs yang terpercaya. Jangan malas untuk membaca testimoni para pelanggan mengenai situs tersebut.

Baca Syarat dan Ketentuan

Sebelum bertransaksi, hal penting lainnya yang harus dilakukan adalah membaca syarat serta ketentuan belanja. Seperti kebijakan situs belanja tersebut untuk pengiriman barang ke luar negeri. Apabila ada hal-hal yang tidak dipahami mengenai syarat dan ketentuannya. Tak ada salahnya untuk bertanya lewat email situs belanja tersebut.  

Pahami Alat Pembayaran

Berbeda dengan situs belanja dalam negeri yang pembayarannya bisa menggunakan transfer ATM, maka situs belanja di luar negeri biasanya menggunakan PayPal serta kartu kredit sebagai alat pembayarannya. Namun, ada juga situs belanja yang menyediakan sistem pembayaran dengan Western Union. Pahami kelebihan serta kerugian dari masing-masing sistem pembayaran dan pilih yang  paling cocok.

Cermati Pajak Bea Cukai

Barang yang berasal dari luar negeri biasnaya dikenai cukai atau bea masuk. Oleh karena itu, sebelum melakukan pembayaran, sebaiknya sebaiknya cermati pajak bea cukai Indonesia.

Situs Tanpa Biaya Pengiriman

Saat membeli barang dari situs luar negeri, jangan lupa untuk melihat proses pengriiman apakah menjangkau Indonesia ataukah tidak, dan sebaiknya pilih yang tidak mengenakan biaya kirim alias gratis.

Baca juga: 5 Situs Bagus untuk Jual Beli Online

Menawar Harga

Menawar harga? Ya, di beberapa situs belanja di luar negeri ada yang memberikan fasilitas untuk menawar. Fasilitas ini memungkinkan konsumen melakukan penawaran harga langsung kepada penjual.

Beli Barang di Bawah 50 Dollar

Apabila ingin mencoba membeli barang luar negeri, sebaiknya pilih yang memiliki harga di bawah 50 Dollar, harga ini termasuk dalam biaya pengiriman. Kenapa harus di bawah 50 dollar? Karena barang dengan harga ini tak akan dikenai pajak impor.

Jasa Order

Salah satu tips belanja online di situs luar negeri yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan jasa order. Pilih jasa order yang terpercaya kemudian tinggal mentransfer nominal rupiah kepada jasa order sesuai dengan biaya yang dikeluarkan. Tak perlu khawatir mengenai pembayaran di situs luar negeri karena hal tersebut sudah diurus penyedia jasa order.

Jangan Beli Barang Terlarang

Jangan sekali-kali membeli barang terlarang, barang ini tak hanya bisa disita, akan tetapi konsumen pun bisa terjerat hukum.

Itulah tips belanja online di situs luar negeri yang bisa dipraktekkan. Belanja di situs luar negeri mungkin bisa meningkatkan gengsi, akan tetapi tetap harus selektif karena tak sedikit situs belanja luar negeri yang melakukan penipuan.