Berita Terkini Tentang Perkembangan Bisnis Online Indonesia

By | February 16, 2017

Jumlah pembeli dan transaksi jual beli online yang terus meningkat drastis dari tahun ke tahun menunjukkan bahwa bisnis online akan terus berkembang, dan diperkirakan trend positif tersebut akan terus berlanjut setidaknya lima tahun ke depan. Data dan fakta tentang semakin meningkatnya jumlah transaksi online membuat banyak pebisnis yang mulai melirik dan bahkan beralih ke bisnis online. Dari data yang dirilis oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo), Indonesia kini menjadi salah satu raksasa bisnis online atau eCommerce di wilayah Asia Pasifik. Dalam lima tahun terakhir, terhitung sejak tahun 2011, bisnis online terus berkembang. Berikut ini akan diulas mengenai berita terkini yang berkaitan dengan pencapaian transaksi online Indonesia.

Nilai Transaksi Online

Tahun 2016 telah berakhir. Di awal tahun 2017 ini, Menkominfo merilis data bahwa nilai transaksi online di Indonesia selama tahun 2016 mencapai angka US$ 4,89 miliar, atau sekitar Rp. 68 triliun. Angka tersebut tentu merupakan angka perkiraan, sebab adalah pekerjaan yang sulit menghitung setiap transaksi online di Indonesia. Namun angka US$ 4,89 miliar yang diperoleh selama 2016 tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan dengan nominal transaksi pada tahun 2015 yang sebesar US$ 3,56 miliar.

Peningkatan Jumlah Konsumen

Tidak hanya dalam hal nilai transaksi, jumlah konsumen belanja online di Indonesia juga meningkat pada 2016 lalu, dan menduduki jumlah tertinggi selama lima tahun terakhir. Per Desember 2016, terdapat 8,7 juta konsumen yang bertransaksi di toko online, jumlah ini meningkat pesat dibandingkan dengan jumlah konsumen tahun 2015 yang hanya sebesar 7,4 juta konsumen. Berita terkini, Kemenkominfo memprediksikan bahwa pada tahun 2017 ini, jika menilik dari trend peningkatan jumlah konsumen dari 5 tahun sebelumnya, diprediksikan akan mencapai angka 9,3 juta konsumen.

Faktor Pendorong

Peningkatan jumlah transaksi online dan konsumen yang berbelanja di toko online ini salah satunya disebabkan oleh terus meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia. Pada tahun 2014, jumlah pengguna internet di Indonesia adalah 88,1 juta pengguna. Pada tahun 2015 meningkat menjadi 93,4 juta pengguna, dan pada tahun 2016 kembali meningkat menjadi 100,1 juta pengguna.

Target dan Prediksi Bisnis Online ke Depan

Menkominfo Rudiantara menargetkan, pada tahun 2020 bisnis eCommerce bisa menembus nilai US$ 130 miliar. Sementara menurut eMarketer, penjualan ritel eCommerce di Indonesia diperkirakan mencapai US$ 5,29 miliar pada tahun 2017 ini. Pertumbuhan tersebut tidak lepas dari semakin banyaknya pemain asing yang ikut meramaikan bisnis eCommerce di Indonesia sebab melihat trend perkembangan yang positif dari tahun ke tahun.

Itulah berita terkini tentang perkembangan bisnis online di Indonesia. Untuk produk online yang diperkirakan akan mendapatkan konsumen yang besar tahun 2017 ini adalah produk fashion dan tiket perjalanan/ pesawat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *