Tips Jualan Online Di Instagram

By | February 17, 2017

Berbagai media sosial bertebaran di dunia. Semisal Facebook, Instagram, Path, Twitter, dan lain-lain. Media sosial di era digital ini banyak digunakan untuk berjualan. Misalnya saja di Facebook dan Instagram. Berbagai online shop berlomba-lomba mengoptimalkan sosial media karena memang masyarakat sekarang lebih senang mencari referensi dari sosial media. Jika Anda termasuk membuka online shop atau berminat membuka usaha Anda harus cerdas mengurus media sosial agar mendatangkan pembeli. Kali ini kami akan membahas tips jualan online di Instagram.

Membuat Foto Produk Mirip Aslinya

Kunci berjualan di Instagram adalah foto yang bagus. Namun sebisa mungkin Anda membuat foto produk yang mirip dengan aslinya mulai dari detail dan warnanya. Anda bisa menyewa fotografer profesional untuk membuat foto produk. Sedikit editan tidak masalah asal tidak jauh dari produk aslinya. Jika Anda belum punya budget untuk menyewa fotografer profesional, Anda bisa menggunakan kamera sendiri atau kameran ponsel Anda. Buat studio mini dengan pencahayaan yang baik. Belum bisa membuat studio mini? Anda bisa memotret produk saat pagi dan sore hari di luar rumah saat cahaya sedang bagus.

Keterangan Lengkap dan Caption yang Menarik

Selain foto produk yang mirip aslinya, jangan lupa menyertakan keterangan lengkap produk Anda. Semakin detail semakin baik sehingga Anda tidak dibanjiri pertanyaan yang itu-itu lagi atau malah bisa jadi pembeli tidak akan mempercayai Anda. Misalnya ada berapa warna barang tersebut, ukurannya, ukirannya, dan terutama juga pada siapa atau nomor kontak Anda sehingga pembeli bisa langsung menghubungi Anda saat tertarik pada barang. Caption yang menarik mutlak harus ada. Persaingan begitu ketat sehingga Anda harus kreatif. Gunakan caption yang menggugah pembeli Anda.

Baca juga: Cara Cermat Beli Online Melalui Instagram

Tagar yang Cocok dengan Produk

Kunci ketiga berjualan online di instagram adalah tagar. Ada harus mengadakan riset kecil-kecil untuk mengetahui tagar apa saja yang sedang tren mengenai produk Anda. Jangan menggunakan tagar yang tidak berhubungan kalau bisa. Pembeli cenderung mencari produk yang dibutuhkan dengan menggunakan tagar karena praktis. Anda bisa menggunakan tagar #like4like untuk memancing orang menyukai postingan Anda. Jangan lupa untuk balik menyukai juga ya. Like terbanyak dalam rentang waktu singkat dapat membuat postingan Anda melesat ke top posting. Dan itu sangat menguntungkan Anda sehingga makin banyak orang yang bisa melihat.

Respon Cepat

Banyak online shop yang melupakan respon cepat di Instagram. Instagram hanya dipakai sebagai gerai atau galeri saja padahal banyak pembeli yang berkomentar atau bertanya. Jangan Anda abaikan setiap respon pembaca. Segera respon kembali dengan cepat sehingga calon pembeli Anda tidak akan lari ke penjual lain.

Itulah tadi tips jualan online di Instagram. Semoga bermanfaat. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *