Cara Aman Belanja Online Agar Tidak Tertipu

By | February 20, 2017

Jual beli online semakin dikenal luas oleh masyarakat Indonesia bahkan dijadikan sebagai gaya hidup oleh sebagian besar pengguna internet. Berbelanja secara online merupakan alternatif cara mendapatkan sebuah produk atau barang yang sulit didapatkan di kota atau di lingkungan tempat seseorang tinggal. Dengan cara mencari produk yang diinginkan di berbagai toko online di internet, seseorang bisa menemukan produk yang dicarinya dan bisa memperoleh barang tersebut dengan membelinya secara online dengan mengandalkan sambungan internet. Berbagai kemudahan dan kecepatan yang ditawarkan oleh jual beli online membuat semakin banyak orang yang bertransaksi jual beli secara online. Namun sayangnya, kemudahan tersebut disalah gunakan oleh sebagian pihak untuk memperoleh keuntungan pribadi dengan cara merugikan orang lain, misalnya dengan membuat toko online palsu untuk mengelabuhi calon pembeli. Agar tidak salah pilih toko online, berikut ini adalah beberapa cara aman belanja online agar tidak tertipu.

Belanja di Toko dengan Identitas yang Jelas

Berbelanjalah di toko online yang identitasnya jelas dan lengkap, mulai dari nama pemilik toko, nomor telepon yang bisa dihubungi, alamat pemilik toko. Hubungi nomor kontak tersebut dan jika perlu telusuri di google apakah alamat tersebut benar-benar ada atau Cuma fiktif. Jika nomor dan alamatnya valid, maka toko tersebut dapat dipercaya. Untuk jual beli dengan skala besar, atau yang melibatkan uang dengan nominal yang besar, jangan ragu untuk meminta foto KTP pihak penjual sebagai jaminan jika nantinya terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Perhatikan Gambar Produk

Jangan belanja online yang gambar produknya menggunakan foto unduhan dari internet. Banyak sekali pemilik toko online yang menyomot gambar dari internet dan diklaim sebagai foto produk yang akan dijual. Kejujuran seorang penjual dapat dinilai dari kejujurannya mengunggah foto produk yang sebenarnya, bukan foto/ gambar yang diambil dari internet.

Baca juga: Tips Agar Terhindar Dari Tipuan Online Shop Murah

Perhatikan Spesifikasi Barang

Sebelum memutuskan membeli produk secara online, perhatikan spesifikasi produk tersebut, terutama bahan dan kondisi barang. Jangan terlalu terpaku pada gambar produk yang tertera di toko online. Pertanyakan secara detail spesifikasi dan kondisi barang, agar Anda tidak kecewa ketika barang tersebut sampai di alamat Anda.

Meminta Jaminan

Seringkali, produk yang dipesan sampai ke alamat si pemesan dalam kondisi yang ttidak bagus. Biasanya, kesalahan tidak hanya terletak pada pihak penjual, namun pihak ketiga seperti kurir atau jasa ekspedisi yang bertugas mengantar barang ke alamat Anda.

Oleh sebab itu, ketika belanja online, biasakan untuk meminta jaminan kepada pihak penjual, bahwa barang yang Anda pesan akan sampai ke alamat Anda dalam kondisi yang baik dan bagus. Sehingga ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan terhadap barang yang Anda pesan, pihak penjual mau mengganti barang tersebut atau bertanggung jawab.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *