Panduan Membaca Berita Online

By | February 21, 2017

Internet memiliki peran yang sangat vital dalam penyebaran informasi di era modern. Dengan adanya internet, berita terkini bisa dengan cepat menyebar dari satu tempat ke tempat lain yang jaraknya nisbi jauh hanya dalam hitungan detik. Media informasi secara drastis berubah seiring dengan semakin canggihnya teknologi internet. Kini, setiap orang bisa memperoleh informasi melalui gadget miliknya dengan mencari berita secara online di internet. Setiap orang pun dapat berbagi informasi tentang apa yang terjadi di sekitarnya untuk dibagikan kepada khalayak yang lebih luas. Imbasnya, di era internet ini, semakin banyak orang yang bertindak sebagai informan atau narasumber yang memproduksi berita dengan membuat situs berita, yang kredibilitasnya dapat diragukan. Terlalu mudahnya seseorang dalam membuat berita di internet membuat pembaca dan pengguna internet akan sulit membedakan antara berita yang palsu dengan berita yang benar-benar fakta dan dapat dipercaya. Agar tidak terjebak pada berita palsu, berikut ini adalah beberapa panduan membaca berita online.

Mencari Sumber Berita yang Kredibel

Bacalah berita atau informasi di media atau situs internet yang kredibel. Untuk menentukan kredibilitas sebuah sumber berita atau situs berita, perhatikan susunan redaksi situs berita online tersebut. Situs berita yang kredibel biasanya dikelola oleh banyak orang, yang terdiri dari pimpinan redaksi dan anggota redaksi. Perhatikan pula alamat redaksinya. Media yang kredibel akan menunjukkan kredibilitas mereka dengan mencantumkan semua anggota redaksi hingga alamat redaksi untuk memudahkan interaksi dengan pembaca.

Selain identitas redaksi, media yang kredibel biasanya memiliki izin dari pihak yang berwenang untuk mendirikan sebuah media. Nomor izin tersebut biasanya akan tertera di situs berita tersebut. Jangan membaca berita di media yang tidak kredibel, apalagi jika media tersebut dikelola oleh anonim atau orang yang menyembunyikan identitasnya.

Melakukan Verifikasi

Jangan hanya mengandalkan berita dari satu sumber atau dari satu situs berita saja. Lakukanlah verifikasi ringan dengan cara membandingkan satu berita yang ditulis di sebuah situs dengan berita yang ditulis di situs lain. Berita yang akurat seharusnya ditayangkan di berbagai situs berita. Sebaliknya, berita yang patut diragukan kebenarannya, hanya akan diberitakan oleh segelintir media, itu pun media yang tidak kredibel.

Mencari Sumber Berita yang Adil

Di era internet yang serba terbuka ini, setiap situs berita mengemban kepentingan dan tujuannya masing-masing, baik yang sifatnya ekonomis maupun politis. Oleh sebab itu, carilah sumber berita yang adil, yang tidak memihak kelompok tertentu. Cara paling mudah untuk mengetahui adil tidaknya sebuah situs berita adalah tidak berat sebelah ketika mengabarkan sebuah informasi, dan menerapkan azas cover both sides, yaitu memfasilitasi kedua belah pihak (yang sedang diberitakan, misalnya pihak pelaku dengan korban) untuk melakukan klarifikasi tentang berita tersebut. Tinggalkan situs berita online yang memihak kelompok tertentu, sebab mereka tidak akan adil dalam pemberitaannya, sehingga akan merugikan pihak lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *