Kiat Mengembangkan Usaha Online di Internet

By | February 22, 2017

Seiring dengan semakin mudahnya akses masyarakat terhadap internet, jual beli online semakin mendapatkan banyak peminat. Terbukti, jumlah transaksi online terus meningkat dari tahun ke tahun. Fakta ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia semakin teredukasi dan sadar bahwa jual beli online memang aman dan mudah. Tidak hanya dari jumlah transaksinya saja yang meningkat, jumlah pedagang atau pebisnis yang menjajaki bisnis online pun semakin banyak dan meningkat. Setiap pebisnis online harus mampu melakukan berbagai terobosan dan inovasi agar bisa bersaing dengan para pebisnis online lainnya. Hanya pebisnis dengan inovasi yang menariklah yang akan diminati oleh para pembeli. Pebisnis online harus mengambangkan bisnisnya dengan menjajaki berbagai kemungkinan, sebab dunia internet adalah dunia tanpa batas, sehingga para pebisnis juga daapat melakukan inovasi tanpa batas. Berikut ini adalah panduan dan kiat mengembangkan usaha online di internet.

Jangan Terpaku di Satu Situs

Banyak sekali para pegiat bisnis online yang hanya terpaku pada satu situs untuk melakukan promosi atau sebagai alamat dari toko onlinenya. Misalnya, dengan memanfaatkan lapak gratis di berbagai situs e-commercing yang memang memudahkan para pebisnis online khususnya yang masih pemula. Padahal, para pembeli di internet lebih suka menjelajah dari satu lapak ke lapak lain, dan dari situs ke situs lain, untuk mendapatkan toko online yang menurut mereka paling dapat dipercaya. Dalam berbelanja di internet, para pembeli tidak hanya mempertimbangkan tentang harga yang ditawarkan, namun juga mempertimbangkan penjual atau situsnya. Oleh sebab itu, para pelaku usaha online hendaknya menjajaki berbagai situs untuk melakukan promosi dan interaksi dengan calon pembeli.

Baca juga : Ragam Usaha Online Tanpa Modal

Hendaknya, penjual online aktif bersosialisasi di internet, misalnya dengan membuat akun media sosial di facebook, twitter, instagram, dll. di mana masing-masing akun tersebut dikelola dengan baik. Jika perlu, pebisnis online juga bisa membuat situs khusus dagangannya, yang tidak menumpang dari situs lain. Dengan demikian, kemungkinan menjaring pembeli akan lebih besar, dan calon pembeli yang melirik produk jualannya akan lebih beragam, sebab pengguna internet biasanya memiliki situs favoritnya masing-masing untuk dikunjungi.

Menjajaki Media Promosi Lainnya

Biasanya, para pelaku bisnis online hanya mengandalkan satu media ketika melakukan promosi di internet, misalnya dengan mengunggah poster atau gambar produk. Padahal, pergerakan pengguna internet sangat dinamis dan cenderung cepat bosan dengan hal yang sifatnya statis. Melakukan promosi hanya dengan mengandalkan gambar, dengan sedikit nasari dan keterangan berupa tulisan, adalah cara berpromosi yang sudah umum dan kurang menarik lagi dan kurang inovatif sebab pebisnis lain juga melakukan cara promosi tersebut.

Pelaku usaha online bisa melakukan inovasi misalnya dengan membuat video iklan yang dibintanginya sendiri, yang dibuat semenarik atau selucu mungkin untuk menarik perhatian dan minat para calon pembeli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *