Tips Mengelola Online Shop Murah

By | February 23, 2017

Bisnis online menjanjikan pangsa pasar yang besar dan lebih praktis. Kecepatan dan kepraktisan merupakan sesuatu yang diutamakan oleh para manusia modern, sehingga beralih ke bisnis online merupakan keniscayaan bagi para pebisnis agar tidak ketinggalan jauh dari para pesaingnya. Salah satu siasat yang ditempuh oleh pedagang online agar dilirik calon pembeli dan disukai oleh para pelanggan adalah dengan cara memberikan harga murah. Semua pembeli menyukai belanja di toko yang memberikan harga lebih murah dibandingkan dengan toko lainnya. Namun bagi pihak penjual, harus mempertimbangkan banyak hal sebelum memberikan harga murah. Berikut ini adalah tips mengelola online shop murah bagi para pemilik toko online.

Mengambil Sedikit Untung Asal Laku Banyak

Mengambil sedikit keuntungan untuk produk yang laris di pasaran merupakan siasat yang umum ditempuh para pemilik toko. Produk yang sedang laris di pasaran merupakan sebuah jaminan bahwa barang tersebut pasti akan laku. Dengan memberikan harga yang lebih murah dibandingkan dengan toko lain, maka kemungkinan akan laku akan lebih besar. Maka konsep “mengambil sedikit untung asal laku banyak” dapat diterapkan untuk produk yang nisbi bakal laris. Selain sedikit untung tersebut, pihak penjual atau pengelola toko online tersebut akan mendapatkan kesan positif dari para pembeli dengan memberi label online shop murah, sehingga para pembeli akan berkunjung lagi ke toko online murah tersebut ketika akan mencari barang/ produk lainnya.

Sistem Keuntungan Silang

Sistem keuntungan silang sebenarnya sudah umum dipraktikkan oleh para penjual. Namun untuk penjual online, sistem keuntungan silang ini harus dikelola dengan baik. Terdapat beberapa produk yang sangat laris, namun ada juga produk yang susah laku. Bagi produk yang sulit laku, sebaiknya dijual dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan toko lain, sementara barang yang laris, dijual lebih murah namun selisih harganya tidak terlalu besar dengan toko lainnya. Keuntungan dari barang yang laris dialokasikan untuk menutupi kerugian dari barang yang dijual murah. Dengan menerapkan keuntungan silang, pihak pembeli tidak akan rugi.

Strategi Promosi

Tidak hanya menjual dengan harga lebih murah, strategi promosi yang tepat juga akan membuat calon pembeli merasa bahwa produk tersebut dijual dengan harga “seolah-olah” lebih murah dari toko sebelah. Misalnya, jika harga sebenarnya sebuah produk adalah Rp. 25.000, dan di toko lain dijual dengan harga Rp. 24.500, maka tulislah di situs jual beli yang Anda kelola bahwa harga sebenarnya adalah Rp. 25.500 (dicoret), dan harga jualnya adalah Rp. 24.400 (ditulis dengan font yang lebih besar). Para calon pembeli tentu akan berpikir bahwa potongan harga yang mereka peroleh sangat besar, yaitu Rp. 1.100. Strategi promosi tersebut bisa diterapkan oleh para pengelola online shop murah agar toko onlinenya laris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *