Tips Membuat Situs Belanja Online yang Menarik

By | February 24, 2017

Kegiatan jual beli online akhir-akhir ini sudah semakin berkembang dan bahkan menjadi gaya hidup bagi sebagian besar pengguna internet. Hampir semua pengguna internet aktif melakukan transaksi jual beli online. Hal ini berimbas pada semakin meningkatnya jumlah transaksi di berbagai situs belanja online dari tahun ke tahun. Menurut data yang dirilis oleh Kemenkominfo, peningkatan jumlah transaksi via online, sejak tahun 2011 hingga akhir 2016 lalu, meningkat rata-rata 7-9% setiap tahunnya. Hal ini membuktikan bahwa belanja online sudah semakin dikenal oleh masyarakat. Data bahwa belanja online semakin diminati tersebut dapat dijadikan peluang bagi para pebisnis untuk melebarkan sayap bisnisnya dengan merambah jual beli atau bisnis online. Bagi Anda para pebisnis yang tertarik untuk merambah bisnis online, berikut ini adalah beberapa tips membuat situs jual beli online yang bagus dan menarik sehingga calon pembeli tertarik untuk mengunjungi dan berbelanja di situs jual beli online yang Anda miliki.

  1. Desain yang Minimalis

Ketika mengunjungi sebuah situs belanja online, yang dibutuhkan pengunjung atau calon pembeli bukanlah tampilan situs yang mewah, melainkan situs yang memudahkan, baik dalam hal pencarian maupun kenyamanan dalam mencari dan melihat-lihat barang yang tersedia di katalog situs tersebut. Oleh sebab itu, sebaiknya pebisnis online memilih tata letak atau desain yang minimalis. Sebab yang terpenting bukan kemewahan tampilan websitenya, melainkan kemudahan dan kenyamanan calon pembeli. Sebagaimana sebuah toko, yang harus diutamakan bukan bagus dan mewahnya bahan bangunan yang dipilih, melainkan kenyamanan dan kemudahan pengunjung untuk melihat berbagai produk yang ditawarkan.

  1. Menyediakan Kolom Pencarian

Kolom pencarian merupakan salah satu hal yang paling penting untuk memudahkan calon pembeli dalam mencari produk yang dibutuhkannya. Sediakanlah kolom pencarian di tempat yang mudah dilihat oleh pengunjung situs. Selain itu, di bawah kolom pencarian, cantumkanlah berbagai kategori barang yang tersedia di situs belanja yang Anda kelola.

Baca juga: Kiat Mendapatkan Diskon Ketika Belanja Online

  1. Spesifikasi Produk dan Gambar yang Lengkap

Sebelum memutuskan membeli sebuah produk di situs jual beli online, biasanya calon pembeli hanya akan mengandalkan informasi produk yang tertera pada situs tersebut. Agar pembeli mendapatkan informasi detail tentang produk yang dijual, tuliskanlah spesifikasi produk tersebut secara lengkap, mulai dari nama barang, jenis barang, ukuran, warna, bahan, berat, fitur, dll. Selain menuliskan spesifikasinya secara lengkap, cantumkan pula gambar sebenarnya dari produk yang dijual tersebut agar pembeli bisa tahu bagaimana kondisi tampilan produk tersebut.

  1. Mencantumkan Nomor Kontak yang Bisa Dihubungi

Satu hal yang tidak kalah penting dari situs belanja online adalah nomor kontak penjual. Cantumkanlah nomor kontak penjual yang bisa dihubungi oleh calon pembeli di bawah spesifikasi dan keterangan setiap produk yang diposting di situs, sehingga calon pembeli bisa langsung menghubungi jika ingin membeli atau bertanya mengenai produk tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *