Tips Mengelola Situs Online Agar Populer

By | February 28, 2017

Situs atau website merupakan halaman atau rumah di internet yang berfungsi untuk menyediakan berbagai informasi. Sebagaimana umumnya rumah di dunia nyata, situs atau website di internet memiliki tujuan yang berbeda-beda, ada yang untuk memberikan informasi bagi pengguna internet, ada yang sekadar untuk menampung tulisan pribadi, dan banyak pula yang dimaksudkan untuk tujuan propaganda. Terdapat jutaan situs yang tersebar di internet, dan dari jutaan situs tersebut, tidak sampai 20% yang memiliki ribuan pengunjung setiap harinya. Dengan kata lain, tidak semua situs internet memiliki jumlah pengunjung yang tinggi, dan bahkan banyak di antaranya yang menjelma situs mati yang tidak dikelola dan tidak pernah dikunjungi. Agar situs yang Anda kelola bisa bermanfaat dengan maksimal, terdapat beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar situs online yang Anda kelola dapat populer dan dikunjungi oleh banyak pengguna internet.

Konsisten Memposting Tulisan

Langkah pertama yang harus dilakukan agar situs online yang Anda kelola atau Anda milikin dapat populer adalah dengan konsisten memposting konten atau tulisan. Pengguna internet tentu tidak akan mengunjungi situs yang kosong atau tulisannya hanya sedikit. Sebagian pengguna internet memerlukan informasi atau sesuatu yang baru dari situs yang dikunjunginya. Oleh sebab itu, Anda harus konsisten memposting tulisan terbaru secara berkala.

Banyaknya tulisan yang diposting setiap bulannya tergantung jenis situs yang Anda kelola. Jika situs yang Anda kelola adalah situs berita, maka setiap hari harus memposting berita terbaru antara 35-100 berita. Sementara jika situs yang Anda kelola adalah situs kiat-kiat atau pemberi informasi, Anda bisa memposting 3-10 tulisan setiap hari. Namun jika situs yang Anda kelola adalah situs pribadi, bisa memposting 1  tulisan setiap hari secara konsisten sudah bagus.

Mengikuti Trend yang Sedang Populer

Apapun tema yang diusung oleh situs yang Anda kelola, mengikuti trend yang sedang populer merupakan cara paling aman agar situs Anda lebih dikenal. Sebagian besar pengguna internet memiliki karakter cenderung mengikuti trend terkini dan mencari trend terbaru di situs pencarian, sehingga konten atau tulisan dengan tema atau trend terbaru yang Anda posting di situs yang Anda kelola memiliki potensi keterbacaan yang tinggi. Namun perlu dicatat, mengikuti trend ini hanya berlaku untuk tema atau topik, bukan gaya penyampaian atau karakter penulisan. Bahaslah trend terbaru yang sedang populer tersebut dengan cara penyampaian yang menjadi ciri khas situs Anda.

Jika situs online yang Anda kelola bisa populer dan memiliki banyak pengunjung, Anda bisa mendapatkan profit dan pemasukan dari situs yang Anda kelola, misalnya dari iklan dan google adsense. Oleh sebab itu, mengelola situs agar populer harus dilakukan dengan konsisten agar pengunjung bisa setiap dengan situs yang Anda kelola dan tidak lari ke situs lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *