Panduan dan Tips Bisnis Online untuk Pemula

By | March 3, 2017

Bob Sadino, pebisnis legendaris Indonesia, dalam suatu kesempatan mengatakan bahwa seorang calon pebisnis sebaiknya tidak usah mempelajari atau mempraktikkan tips bisnis dari orang lain, sebab tips bisnis dari orang lain akan membuat seseorang malas melakukan inovasi dan akan menjadi pebisnis yang suka mengekor, sehingga kalaupun ia sukses, kesuksesannya tidak akan lebih besar dari orang yang diikutinya. Pendapat Bob Sadino tersebut barangkali memang ada benarnya, bahwa mencontek (cara berbisnis orang lain) cenderung akan membuat pebisnis tidak akan belajar dari pengalaman dan kegagalan. Namun di sisi lain, pebisnis pemula membutuhkan semacam rambu-rambu dari pebisnis lain yang sudah berhasil menjalankan roda bisnisnya agar bisa mengembangkan apa yang belum dilakukan oleh pebisnis sebelumnya dan apa yang sebaiknya dihindari ketika berbisnis. Berbisnis, dalam bidang apapun, membutuhkan keuletan dan terobosan. Termasuk juga dalam berbisnis online dengan memanfaatkan media internet. Berikut ini akan dibahas mengenai panduan dan tips bisnis online bagi pemula.

Memulai dari Hal yang Disukai

Kunci utama dalam membangun bisnis apapun, termasuk juga bisnis online, adalah bidang bisnis yang digeluti. Pilihlah bidang bisnis yang disukai, sebab suatu hal yang disukai cenderung lebih mudah untuk dikuasai. Dan berbisnis di bidang yang dikuasai, tidak akan pernah membuat pebisnis merasa rugi. Akan selalu ada kejutan-kejutan tak terduga dari seorang pebisnis yang menyukai bidang bisnis yang disukainya. Jangan pernah menggeluti bidang bisnis yang abu-abu, apalagi masih meraba-raba akan dikematakan bisnis tersebut.

Baca juga: 4 Alasan Mengapa Pebisnis Harus Beralih ke Bisnis Online

Membuat Akun Sosial Media

Setelah menentukan bisnis yang Kita sukai dan yang paling dikuasai, buatlah akun sosial media, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dll. Membuat akun sosial media merupakan tips bisnis online paling dianjurkan, sebab pebisnis online dapat melakukan promosi atau marketing secara gratis melalui akun-akun di media sosial tersebut. Pebisnis harus pandai menghemat beaya, termasuk pula dalam marketing. Untuk memperkenalkan produk di dunia online, pebisnis harus menghemat biaya. Salah satu siasat yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan promosi di media sosial.

Melakukan Survey Pasar

Melakukan survey dan penelitian kecil-kecilan atentang item produk yang sedang disukai pasar harus dilakukan agar bisnis online yang dijalankan dapat dilirik oleh pembeli. Misalnya ketika berbisnis online di bidang fashion, carilah model pakaian yang sedang laris dan sedang menjadi trend. Dengan mengetahui sesuatu yang menjadi trend dan permintaan pasar sedang besar, pebisnis bisa mempromosikan produk yang sedang laris tersebut secara lebih inten dan lebih sering.

Melakukan Inovasi

Tips bisnis online yang tidak kalah penting adalah melakukan inovasi atau terobosan. Misalnya dengan membuat konsep marketing yang unik, bahkan bisa juga dengan mengadakan promo belanja online dengan inovasi tertentu. Contohnya, beli dua gratis satu, gratis ongkos kirim, dan berbagai inovasi lainnya yang membuat pembeli merasa senang dan tertarik untuk berbelanja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *