Kiat Mencari Berita Terpercaya Seputar Sepakbola

By | March 6, 2017

Sepakbola kini telah berkembang menjadi industri yang tidak bisa dipisahkan dari peran media. Peran media tidak hanya berfungsi sebagai penyebar berita tentang semua hal yang berkaitan dengan sepakbola, namun media juga berperan mempromosikan sepakbola sehingga dikenal lebih luas lagi oleh publik. Lebih jauh, media berperan sebagai agen propaganda, yang tidak jarang menyebarkan isu-isu tertentu seputar pemain atau klub demi meraup berbagai keuntungan tertentu. Imbasnya, berita sepakbola kini menjadi bias dan kelin-kelindan antara fakta dengan gosip, realitas dengan opini. Mencari berita sepakbola yang benar-benar fakta saat ini merupakan sebuah tantangan tersendiri, sebab banyak media sepakbola, bahkan media olahraga terkemuka di dunia, menciptakan gosip dan menebarkan berbagai opini untuk meraih penjualan yang besar. Agar tidak terjebak dengan berita bohong atau gosip yang diembuskan oleh segelintir media, berikut ini akan dibahas mengenai kiat mencari berita terpercaya seputar sepakbola.

Melakukan Verifikasi

Para penggemar sepakbola yang membaca berita sepakbola harus melakukan verifikasi terhadap berita, terutama berita yang bombastis. Cara melakukan verifikasi berita terpercaya sebenarnya cukup mudah, yaitu dengan cara membandingkan berita tersebut dengan berita yang ditayangkan di media lainnya. Sebab tidak jarang, sebuah media tertentu sengaja mengembuskan gosip tertentu yang belum dibahas oleh media lainnya. Sebuah media selalu ingin tampak unggul dari media lainnya dengan cara menayangkan berita yang seakan-akan ekslusif  untuk menarik minat pembaca, padahal berita tersebut hanyalah gosip. Setiap media akan mengembuskan gosip yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, memverifikasi berita dengan membandingkan antara satu media dengan media lainnya perlu dilakukan. Selain melakukan verifikasi dengan membandingkan berita di berbagai media, melakukan verifikasi dengan melihat/ mengunjungi situs resmi klub akan lebih dapat dipercaya.

Baca juga: INFORMASI TERKINI CARA MEMBUAT WEBSITE MENARIK

Membedakan Fakta dengan Opini

Banyak sekali pembaca berita yang tidak dapat membedakan antara fakta dengan opini. Tidak jarang, media sengaja memelintir ucapan seorang narasumber yang notabene merupakan sebuah opini menjadi seakan-akan fakta. Misalnya, informasi seputar perpindahan atau transfer pemain dari satu klub ke klub lain, banyak sekali dibumbui oleh opini yang tidak jarang membuat para penggemar klub sepakbola tertentu terlalu berharap karena termakan oleh gosip tersebut, yang imbasnya akan sangat kecewa jika pemain yang dikabarkan akan pindah ternyata hanya isapan jempol. Ketika seorang narasumber mengatakan “Saya kira Pemain A sudah tidak betah di Klub B, ia ingin pindah klub.” Oleh media, opini tersebut akan dipelintir menjadi “Pemain A akan segera meninggalkan Klub B.”

Mencari dari Sumber Paling Kredibel

Banyak sekali media berita yang tidak kredibel, terutama media olahraga Indonesia, yang hanya mengandalkan penerjemahan dari media asing, sehingga media di Indonesia seringkali salah kutip atau salah menerjemahkan. Untuk mendapatkan berita terpercaya, sebaiknya mencari dari sumber yang kredibel, yang mewawancarai narasumber secara langsung, bukan hanya bermodal mengutip dari media berita lain.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *