Cara Mendeteksi Informasi Online yang Mengandung Hoax

By | March 8, 2017

Peredaran hoax atau berita palsu di internet saat ini semakin memprihatinkan. Banyak sekali berita hoax yang menghasut masyarakat dan membuat sebagian besar pembaca percaya begitu saja sehingga tidak jarang berita hoax tersebut menyulit peselisihan antar kelompok. Banyaknya berita hoax yang tersebar di internet merupakan imbas dari semakin mudahnya seseorang membuat situs berita di internet, sehingga kini setiap orang bisa mendaku dirinya sebagai wartawan dan bahkan pemilik medianya sekaligus. Padahal, kebanyakan dari orang yang membuat situs berita di internet banyak sekali yang tidak memiliki bekal ilmu jurnalistik yang memadasi, tidak memiliki kecakapan dalam memproduksi berita, sehingga berita yang ditulisnya sering mengabaikan kaidah berita dan kode etik jurnalistik. Bahkan tidak jarang, banyak sekali media berita di internet yang hanya bermodal mengolah informasi, isu, bahkan gosip yang bertebaran di media sosial tanpa melakukan verifikasi terhadap sumber berita. Agar tidak terjebak pada berita palsu di inetrnet, pembaca harus cerdas. Berikut ini adalah beberapa cara mendeteksi informasi online yang mengandung hoax.

Media Online yang Tidak Kredibel

Cara paling mudah mendeteksi informasi online yang mengandung hoax adalah dengan cara melihat media yang menyebarkan berita tersebut. Jika media online tersebut tidak kredibel, maka sebaiknya jangan mempercayai berita yang ditayangkannya. Untuk menguji kredibilitas sebuah media online, caranya adalah dengan melihat redaksi dari media tersebut. Jika alamat dan susunan redaksi media online tersebut tertera dengan jelas, maka kemungkinan besar media tersebut cukup kredibel. Sebab umunya, media yang tidak kredibel dan dibuat dengan tujuan untuk menyebarkan propaganda, akan menyembunyikan identitas mereka dengan tidak mencantumkan alamat redaksi dan susunan redaksi.

Tidak Memiliki Izin Resmi

Setiap media, baik media cetak maupun media online yang akan menyebarkan informasi kepada masyarakat, harus memiliki izin resmi. Pihak yang berwenang akan memverifikasi kelayakan media tersebut apakah layak untuk diberikan izin atau tidak. Jika sebuah media online tidak memiliki izin, maka sebaiknya menghindari membaca berita dari media tersebut, apalagi sampai mempercayainya. Bacalah berita dari media yang terpercaya saja, yang memiliki izin resmi, sebab konten berita yang ditayangkan media yang memiliki izin resmi dapat dipertanggungjawabkan.

Baca juga: Mengenal Kriteria Berita Online yang Mengandung Hoax

Mengandung Konten yang Bombastis

Selain dilihat dari medianya, sebuah berita hoax juga dapat diverifikasi melalui konten atau isi tulisan berita tersebut. Berita hoax biasanya dibumbui dengan bahasa yang bombastis, meledak-ledak, dan penuh propaganda. Tidak jarang, judul yang disematkan pada berita tersebut mengundang tanya dan memantik rasa penasaran calon pembaca. Padahal, sebuah sumber berita harus menyampaikan berita secara objektif sebagaimana adanya, tidak boleh memberikan opini dan bumbu berlebihan.

Untuk mendeteksi informasi online yang mengandung hoax, pembaca harus mampu berpikir jernih, dan belajar membedakan antara fakta dengan opini atau sekadar gosip dan khayalan penulisnya, juga harus lebih kritis terhadap konten berita yang ditayangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *