Tips Mencari Informasi di Situs Terpercaya

By | March 9, 2017

Internet sering dijadikan sebagai alat untuk mencari referensi atau rujukan untuk mengetahui berbagai hal. Jika dulu orang harus mencari referensi dari banyak buku untuk mengetahui tentang sebuah permasalahan dan ingin mengetahui pendapat para pakar,  saat ini, cukup dengan mencantumkan kata kunci di kolom pencarian seperti google, berbagai informasi dan rujukan yang terkait dengan kata kunci yang dicantumkan akan keluar. Kegiatan mencari informasi menjadi semakin mudah, tidak lagi rumit seperti dahulu. Namun sayangnya, berbagai kemudahan yang ditawarkan internet dalam memperoleh informasi juga memiliki banyak sisi negatif. Banyak sekali informasi yang disebar di internet tidak kredibel, salah data, dan bahkan banyak sekali informasi palsu yang disebar pihak-pihak tertentu untuk berbagai kepentingan. Oleh sebab itu, para pengguna internet harus selektif dan berhati-hati setiap mencari informasi agar tidak terjebak pada informasi yang tidak akurat. Berikut ini adalah beberapa tips mencari informasi di situs terpercaya.

  1. Situs yang Kredibel

Ketika mencari informasi di internet, disarankan untuk mencari si situs terpercaya yang jelas-jelas kredibel, bukan situs yang biasa memposting informasi tidak jelas dan simpang siur. Di internet, banyak sekali situs bagus yang menerapkan sistem penulisan informasi yang cukup ketat, mengikuti kaedah ilmiah, dan menggunakan standar penulisan yang baik dan benar. Pastikan untuk mencari informasi di situs yang kredibel saja, jangan merujuk pada situs abal-abal apalagi situs berita palsu. Untuk mengecek kredibilitas sebuah situs caranya cukup mudah, yaitu dengan cara melihat redaksi yang mengelola situs tersebut. Situs yang mencantumkan susunan redaksinya secara lengkap adalah ciri-ciri situs yang kredibel.

  1. Jelas Sumbernya

Selain mencari informasi di situs atau website yang kredibel, setiap informasi yang akan dikutip hendaknya jelas sumbernya, misalnya siapa yang mengeluarkan pendapat tentang informasi tersebut, dari buku mana pendapat tersebut dikutip. Bahkan jika perlu, carilah informasi yang sumbernya jelas dan lengkap, misalnya: nama penulis/ orang yang mengeluarkan pernyataan, kapan pernyataan tersebut disampaikan (bisa juga tahun terbit buku), dan keterangan lain seperti di halaman berapakah pendapat tersebut disampaikan. Semakin lengkap referensi sebuah informasi, maka informasi tersebut semakin dapat dipercaya.

  1. Membandingkan dengan Informasi dari Situs Lain

Pengunjung internet yang ingin mencari informasi tidak sekadar mengutip dari satu situs saja, melainkan harus membandingkan informasi yang diperolehnya tersebut dengan informasi serupa di situs terpercaya lainnya. Sebab seringkali sebuah informasi hanya ditayangkan satu situs saja, tidak ada di situs lainnya. Informasi yang terpercaya harusnya dicantumkan di banyak situs. Dengan membandingkan informasi dari sumber atau situs lainnya, maka pendapat atau referensi sebuah permasalahan yang dicari atau ingin diketahui akan semakin kuat, sebab terkonfirmasi oleh pendapat yang tercantum di situs lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *