Tips Mengelola Toko Terpercaya di Internet

By | March 10, 2017

Dunia internet yang terus berkembang membawa dampak perubahan di berbagai bidang, salah satunya adalah di bidang jual beli. Berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh toko online memang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengguna internet. Tidak heran jika pengunjung toko online terus meningkat setiap tahunnya, dan jumlah transaksi di berbagai toko online selalu mengalami peningkatan drastis dari tahun ke tahun. Peluang ini dibaca dengan baik oleh para pebisnis yang mulai merambah bisnis online. Namun sayangnya, tidak semua pebisnis yang menjajal membuka toko online tidak bisa sukses dan bahkan gagal sebab tidak bisa meyakinkan calon konsumen/ pembeli untuk berbelanja online di tokonya. Berikut ini adalah beberapa tips mengelola toko terpercaya di internet.

  1. Memberikan Identitas yang Jelas

Salah satu kekhawatiran terbesar orang-orang yang suka berbelanja online adalah takut tertipu, misalnya salah memilih toko online sehingga barang yang diperolehnya tidak sesuai dengan apa yang dipesan, bahkan barang yang dipesan tersebut tidak pernah sampai ke alamat si pembeli sebab tertipu oleh toko online palsu. Oleh sebab itu, para pengelola atau pemilik toko online harus mencantumkan identitas yang jelas di toko online miliknya, mulai dari nomor telepon yang bisa dihubungi (harus selalu aktif), nama dan alamat pemilik toko online tersebut, dan jika perlu, cantumkan pula identitas penting lain sehingga calon pembeli percaya akan keberadaan toko online yang Anda kelola. Memberikan identitas yang jelas merupakan syarat mutlak agar toko online yang Anda kelola menjadi toko terpercaya.

  1. Pelayanan yang Ramah

Pepatah “Pembeli adalah Raja” harus selalu dijunjung tinggi oleh para penjual, termasuk juga penjual di toko online. Calon pembeli harus dilayani secara ramah dan baik. Perbedaannya, jika di toko luring atau toko di dunia nyata pembeli dapat berinteraksi dengan penjual dengan cara bertatap muka, di toko daring atau toko online antara penjual dan calon pembeli hanya bisa berkomunikasi melalui SMS, telpon, atau chatting. Komunikasi tanpa bertatap muka tentu memiliki potensi miskomunikasi yang sangat besar. Oleh sebab itu, pemilik toko online harus menggunakan tata bahasa yang baik ketika berkomunikasi melalui SMS atau chat, dan menggunakan tutur bahasa yang sopan dan lembut jika berkomunikasi melalui telpon dengan calon pembeli.

  1. Memudahkan Calon Pembeli

Salah satu alasan mengapa banyak orang yang memilih belanja online adalah kemudahannya. Oleh sebab itu, para pemiliki toko online harus memberikan kemudahan bagi calon pembeli, misalnya dengan menyediakan kolom pencarian di situs toko onlinenya, menyusun katalog dengan baik dan rapi, dan menyertakan spesifikasi barang dengan lengkap dan benar. Dengan memberikan kemudahan bagi calon pembeli, maka pembeli akan yakin bahwa toko online yang Anda kelola adalah toko terpercaya, sehingga pembeli akan nyaman berbelanja online di toko Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *